sign up SIGN UP search


moms-life

5 Trik Dapur yang Perlu Bunda Tahu, Bahan Makanan Awet & Masak Lebih Praktis

Sheila Permatasari   |   Haibunda Minggu, 13 Mar 2022 13:36 WIB
CARA MENYIMPAN DAUN BAWANG HINGGA CABAI
Variety of spices and herbs on kitchen table. caption

3. Cara menyimpan daun bawang agar awet dan segar

Daun bawang adalah bahan masakan yang paling sering digunakan pada masakan Asia. Seluruh bagian dari bahan masakan ini bisa digunakan. Daun bawang juga bisa dikonsumsi dalam keadaan matang mau pun mentah lho, Bunda.

Nah, untuk menyimpan daun bawang agar tetap segar, Bunda bisa menyimpannya di lemari es. Untuk hasil terbaik, memasukkan daun bawang ke dalam toples dengan tambahan sedikit air. Pastikan umbi dan akarnya benar-benar terendam air ya, Bunda.

Selain itu, Bunda bisa membungkus daun bawang dengan handuk lembab dan memasukkannya ke dalam kantong zip-top lalu dinginkan. Bunda juga bisa nih membekukan sisa daun bawang.


Caranya, letakkan daun bawang di atas loyang logam yang dilapisi dengan kertas roti. Simpan ke dalam kantong yang aman untuk freezer, kemudian masukkan daun bawang ke dalam freezer sampai beku.

4. Cara menyimpan bawang merah agar tak cepat busuk

Bunda mungkin selalu sedia bawang merah di dapur, mengingat hampir semua masakan memerlukan bumbu ini. Nah, agar bawang merah tidak cepat membusuk, Bunda bisa melakukan beberapa tips berikut nih.

Masukkan bawang merah di ruangan yang sejuk, kering, gelap, dan beventilasi baik ya, Bunda. Hal ini untuk memudahkan bawang merah menyerap kelembapan. Hindari untuk menyimpan bawang merah ke dalam kantong plastik, Bunda. Karena hal ini dapat menyebabkan bawang cepat busuk.

Tips lainnya, Bunda bisa memasukkan bawang merah ke dalam freezer agar tetap awet. Sebelum dibekukan, baiknya Bunda mengupas kulit bawang merah terlebih dahulu ya. Kemudian, masukkan bawang ke dalam kantong atau wadah yang kedap udara.

Penyimpanan dengan cara ini dapat membuat bawang bertahan hingga enam bulan lho, Bunda.

Selanjutnya adalah mengeringkan bawang merah sebelum di simpan. Letakkan bawang merah di tempat yang kering dan hangat. Jika sudah benar-benar mengering, Bunda bisa menyimpannya di dalam kantong jaring atau keranjang kawat.

5. Cara menyimpan cabai

Selain bawang merah, bumbu yang selalu ada di dapur lainnya adalah cabai. Bunda pasti sering menyetok cabai, apalagi jika keluarga di rumah menyukai masakan pedas. Untuk menyimpan cabai agar tetap awet, Bunda bisa melakukan beberapa cara berikut.

Pertama, Bunda bisa mengasinkan cabai. Caranya, cuci dan keringkan cabai dan buang bagian atasnya, lalu potong kasar. Setelah itu, campur cabai yang sudah dipotong tadi dengan garam dan masukkan ke dalam toples kaca yang sudah disterilkan.

Tutup toples dan simpan di tempat yang sejuk dan kering selama beberapa minggu sebelum didinginkan.

Tips yang kedua, Bunda bisa membekukan cabai agar cabai bisa awet dan tahan lama. Yang perlu Bunda lakukan adalah memastikan terlebih dahulu bahwa semua cabai tidak memiliki kerutan atau tanda-tanda pembusukan sebelum dibekukan.

Lalu, cuci cabai dan pastikan benar-benar kering. Setelah selesai, buang batang cabai. Bunda bisa membekukan cabai dalam posisi utuh atau pun diiris ya. Bunda juga bisa memasukkannya ke dalam kantong ziplock dan segel sebelum memasukkannya ke dalam freezer.

Itulah beberapa tips dapur untuk membuat bahan dan bumbu di dapur Bunda lebih tahan lama dan tidak mudah membusuk. Semoga tipsnya bermanfaat ya, Bunda.

(fia/fia)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!