sign up SIGN UP search


moms-life

Niat dan Tata Cara Salat Witir, Ibadah Salat Sunnah yang Penuh Berkah

Sheila Permatasari   |   Haibunda Minggu, 03 Apr 2022 15:30 WIB
Muslim woman pray on hijab praying with Koran on mat indoors caption

Salat witir adalah salat yang dikerjakan pada malam hari dengan jumlah rakaatnya ganjil. Sudah tahu bacaan doa niat dan tata cara mengerjakan salat witir, belum, Bunda? Jika belum, simak terus pembahasannya di sini ya.

Jumlah rakaat dalam salat witir boleh 1 rakaat, 5 rakaat, 7 rakaat, 9 rakaat atau 11 rakaat. Jadi, Bunda bisa mengerjakan salat witir paling sedikit 1 rakaat dan paling banyak 11 rakaat, ya. Hal ini sesuai dengan makna yang terkandung dalam kata "witir" yaitu "ganjil". 


Hukum melaksanakan salat witir adalah sunnat muakkad, Bunda. Melansir detikcom, yang dimaksud sunnah muakkad menurut ulama Hanafiyah dalah yang semakna dengan yang wajib. Hanya saja, tingkatannya sedikit di bawah fardhu, yaitu sesuatu yang ditetapkan dalil namun masih memiliki kesamaran.

Sunnah Muakkad juga dikenal dengan nama fardhu amali. Artinya, perbuatan ini diposisikan sebagai fardhu dalam hal pengamalan, sehingga mengharuskan adanya tartib dan qadha (bila ditinggalkan). Namun tidak harus diyakini sunnah muakkad adalah fardhu.

Tidak hanya dikerjakan pada bulan Ramadan setelah salat tarawih saja, salat witir sangat dianjurkan untuk dikerjakan setiap malam sebelum tidur, setelah salat isya atau setelah salat tahajud lho, Bunda.

Banner Nama Bayi Islami Bahasa Sansekerta

Salat witir dikerjakan sendiri-sendiri atau tidak berjamaah kecuali pada malam bulan Ramadan. Adapun perintah untuk mengerjakan salat witir terdapat dalam hadits yang berbunyi sebagai berikut, Bunda:

Innallaha witru yuhibbul witru faawtiruu yaa ahlal quraani

Artinya: "Sesungguhnya Allah itu ganjil (satu). Dia menyukai yang ganjil (salat witir). Maka kerjakanlah salat witir, wahai ahli Al Quran." (HR (At-Tarmidzi).

Selain itu, perintah mengejakan salat witir juga terdapat dalam hadits lain dari HR Bukhari, Bunda. Hadist tersebut berbunyi:

اجْعَلُوا آخِرَ صَلَاتِكُمْ بِاللَّيْلِ وِتْرًا

Artinya: "Jadikan shalatmu yang paling akhir di waktu malam berupa salat witir." (HR. Bukhari Muslim).

Tata cara mengerjakan salat witir sama dengan tata cara mengerjakan salat fardhu ya, Bunda. Perbedaannya hanya pada niatnya saja.

Jika salat lebih dari 1 rakaat, sebaiknya Bunda kerjakan 2 rakaat dan diselingi satu kali salam. Sedangkan untuk yang terakhir, Bunda boleh mengerjakan tiga rakaat satu kali salam atau boleh juga satu rakaat.

Mengutip dari laman Detikcom, dalam riwayat Abu Ayyub Al-Anshari, Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Sholat witir adalah hak bagi setiap muslim, maka siapa yang ingin mengerjakan lima rakaat maka kerjakanlah, siapa yang ingin mengerjakan tiga rakaat maka kerjakanlah dan siapa yang ingin mengerjakan satu rakaat maka kerjakanlah." (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah dan Nasa'i).

Baca di halaman berikutnya untuk bacaan niat dan tata cara salat witir selengkapnya yuk, Bunda.

Indahnya toleransi, simak kisah umat muslim AS yang diperbolehkan salat di gereja Bun:

[Gambas:Video Haibunda]



BACAAN NIAT DAN TATA CARA SHALAT WITIR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!