sign up SIGN UP search

moms-life

Saat THR Cair Harus Bayar Utang atau Sedekah Dulu? Ini Saran Financial Planner

Mutiara Putri   |   Haibunda Rabu, 20 Apr 2022 13:15 WIB
ilustrasi uang caption
Jakarta -

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Bunda pasti paling menantikan saat-saat Tunjangan Hari Raya (THR) dari kantor cair, ya? Bukan tanpa alasan, uang ini bisa Bunda alokasikan ke berbagai pos keuangan rumah tangga.

Tentunya Bunda perlu memikirkan dengan bijak uang THR digunakan untuk apa, misalnya mengalokasikan beberapa persen ke pos dana darurat. Hal ini untuk menghindari uang THR yang seringnya dirasa hanya 'numpang lewat' saja. Kira-kira, uang THR Bunda masih tersisa, kah?

Sejak tahun 2020 atau awal pandemi kemarin, banyak karyawan yang tak bisa menerima THR, Bunda. Parahnya lagi, ada karyawan yang terkena PHK sehingga kehilangan sumber THR-nya.


"Berdasarkan pengalaman tahun kemarin, kalau kita ngomongin THR ini menjadi berkah tersendiri apalagi di tahun 2022 ini pemerintah sudah memberikan penjelasan semua perusahaan atau pemilik bisnis, diwajibkan membayar THR secara full," kata seorang financial planner, Rista Zwestika S.Sos. AWP. CFP, pada HaiBunda beberapa waktu lalu.

Setelah THR cair, ada banyak hal yang ingin Bunda lakukan, ya? Sayangnya, Bunda harus bisa membagi THR ke dalam pos keuangan sesuai dengan angka prioritasnya, nih.

Banner Tanda Janin Lapar

Rista mengungkapkan skala prioritas dalam rumah tangga setiap orang berbeda-beda, Bunda. Karena itu, pengalokasian uang THR tidak bisa menggunakan persentase.

"Kita harus pakai skala prioritas dulu. Kita enggak pakai berapa persen, tapi kita pakai skala prioritas," imbuhnya.

Dalam hal ini, Rista mengungkapkan kalau skala prioritas kebanyakan orang setelah mendapatkan THR adalah persiapan hari raya. Kebutuhan lebaran bahkan bisa menggunakan lebih dari 40 persen THR.

"Contoh misalnya yang pertama kita siapkan untuk kebutuhan menjelah Hari Raya Idul Fitri tadi. Ternyata bisa 40 atau hampir 50 persen, sedangkan kebutuhan dan tanggungan orang berbeda-beda," ungkapnya.

Setelah memenuhi kebutuhan menjelang hari raya, kira-kira apa lagi yang harus diprioritaskan ya, Bunda? Klik baca halaman berikutnya, yuk.

Simak juga video beri tahu Si Kecil, lebaran tak harus beli baju baru berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



UTAMAKAN BAYAR UTANG
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!