sign up SIGN UP search


moms-life

7 Jenis Kaktus yang Cocok Dijadikan Tanaman Hias Indoor, Bisa Berbunga Lho

Melly Febrida   |   Haibunda Jumat, 13 May 2022 04:00 WIB
little cactus in the sunshine morning caption

Tanaman kaktus menjadi pilihan yang tepat apabila Bunda ingin merawat tanaman di lingkungan dengan iklim panas dan kering. Tapi meskipun begitu, ada juga jenis kaktus yang bisa tumbuh di dalam ruangan dengan, lho.

Perawatannya cukup mudah tapi ketahanan hidupnya tinggi, dan tentunya memiliki tampilan yang aesthetic untuk dijadikan hiasan rumah. Tak heran di era tanaman hias beberapa tahun terakhir, kaktus turut jadi primadona.

Selain paparan cahaya, yang harus diperhatikan jika menempatkan kaktus di dalam ruangan adalah drainase yang baik supaya kaktus bisa bertahan. Kaktus cenderung menyukai tanah yang kering sehingga Bunda tak perlu terlalu sering menyiramnya.


Meletakkan kaktus di pot terakota juga akan membantu menyerap air sehingga tanahnya cepat kembali kering setelah disiram. Menariknya, tanaman kaktus dapat dapat berbunga jika dirawat dengan benar!

Banner 5 Tanda Janin Meninggal

Bunda tertarik meletakkan kaktus di dalam ruangan? Melansir dari The Spruce, berikut jenis tanaman kaktus yang cocok diletakkan di dalam ruangan.

1. Kaktus barrel

Kaktus barrel tetap memiliki tampilan yang menarik mata, lho. Tubuh kaktus barrel ditutupi dengan duri panjang dan kaku yang melindungi daging buahnya yang berair dan dapat dimakan.

Kaktus barrel dapat hidup selama beberapa dekade dan mencapai ketinggian maksimum 2-3 meter saat tumbuh di luar ruangan.

Kaktus ini membutuhkan banyak sinar matahari dan tidak terlalu banyak air, Bunda. Kaktus barrel dapat tumbuh subur dengan hemat air, biarkan tanah mengering di antara penyiraman.

Jika ingin meletakkannya di dalam ruangan, letakkan di pinggir jendela yang terkena sinar matahari dan bawa keluar sesekali selama beberapa jam untuk mendapat sinar matahari, ya.

2. Kaktus natal

Kaktus natal termasuk tanaman hias kaktus yang bisa berbunga dengan warnanya yang cerah yakni merah muda, Bunda. Tak seperti kaktus lainnya, kaktus natal justru tidak memiliki duri dan hanya dipenuhi oleh bunga, Bunda.

Bunga kaktus natal berbentuk tabung dengan warna merah, pink, oranye, dan putih. Tapi jenis kaktus ini perawatannya menyimpang dari kaktus biasa. 

Tanaman ini berasal dari hutan hujan Brasil dan hidup sebagai epifit tumbuh di cabang pohon lainnya. Kaktus natal menyukai iklim yang lembap dengan cahaya yang menyebar. Karena itu, kaktus natal lebih bagus sering disiram.

Berikan tanaman ini irigasi ringan dan sedang secara teratur. Biarkan tanah mengering di antara penyiraman. 

3. Angel wings cactus

Kaktus Opunta albispina, juga dikenal sebagai kaktus sayap malaikat atau kaktus telinga kelinci. Ini karena bentuknya yang unik menyerupai telinga kelinci yang lebar.

Pada kaktus ini tumbuh sekelompok duri halus yang merata dan terlihat seperti polkadot. Kaktus telinga kelinci ini membutuhkan matahari penuh, dengan drainase yang cukup dibasahi saja jangan sampai banjir.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat jenis kaktus yang lainnya, yuk.

Beberapa tanaman hias di video ini juga cocok diletakkan di dalam ruangan karena kebutuhan cahaya yang minim, Bunda:

[Gambas:Video Haibunda]



JENIS KAKTUS LAINNYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!