sign up SIGN UP search


moms-life

Penting Diingat, Ini ya Bun Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan

Sheila Permatasari   |   Haibunda Kamis, 12 May 2022 18:40 WIB
Doa menjadi hal yang penting saat mengharapkan atau meminta sesuatu, termasuk agar segala urusan dimudahkan. Simak bacaan doa agar segala urusan dimudahkan yuk. caption

Doa menjadi hal yang penting dilakukan oleh umat Muslim untuk memohon atau meminta segala sesuatu ya, Bunda. Tak terkecuali dalam meminta agar segala urusan dimudahkan.

Allah SWT memiliki sifat Maha Pemberi, sehingga apa pun yang Bunda inginkan baiknya memohon dan meminta kepada-Nya melalui doa.

Ada pun beberapa doa agar segala urusan yang susah dimudahkan, segala yang sempit dilebarkan dan saat Bunda merasa gelisah ditenteramkan nih, Bunda. Bukan hanya sekedar urusan rezeki, melainkan juga termasuk segala urusan yang menyulitkan dan membuat hati Bunda gelisah.


Dengan selalu mengamalkan doa-doa berikut, segala urusan yang membingungkan akan mendapat solusi yang tepat dan cepat. Untuk itu, baiknya Bunda selalu mengamalkannya ya. Bunda bisa berdoa kapan saja dan di mana saja.

Ingin tahu seperti apa bacaan doanya, Bunda? Berikut telah dilansir dari beberapa sumber bacaan doa agar dimudahkan segala urusan.

1. Doa dimudahkan segala urusan versi pertama

Melansir dari buku Buku Pintar Doa dan Zikir Rasulullah karya Abdullah Zaedan, berikut bacaan doa agar dimudahkan segala urusan, Bunda.

اللهم الطف بي في تيسير كل عسير، فإن تيسير كل عسير عليك يسير، وأسألك اليسر والمعافاة في الدنيا والآخرة

Arab latin: Allaahummal thuf bii fii taisiiri kulli 'asiirin, fa inna taisiiro kulli 'asiirin 'alaika yasiir, as 'alukal yusro wal mu'aafaata fid dun-yaa wal aakhiroti.

Artinya: “Ya Allah, mudahkanlah aku dalam berusaha memudahkan setiap kesukaran, karena memudahkan setiap yang sukar merupakan suatu kemudahan bagi-Mu. Dan aku mohon kemudahan serta perlindungan di dunia dan di akhirat.” (HR Thabrani).

2. Doa dimudahkan segala urusan versi kedua

Doa dimudahkan segala urusan versi kedua seperti yang dilansir dari buku Doa dan Zikir Orang Sukses karya Zaki Zamani adalah sebagai berikut ya, Bunda.

اللهم لا سهل إلا ما جعلته سهلا وأنت تجعل الحزن إذا شئت سهلاً

Arab latin: Allahumma laa shala illaa maa ja’altahuu sahlaa wa anta taj’alul hazna idzaa syi’ta sahlaa.

Artinya: “Ya Allah, tiada kemudahan melainkan apa yang Engkau jadikan mudah, dan jika Engkau menghendaki maka kesedihan (kesulitan) dapat menjadi mudah.”

Jika Bunda ingin doa dimudahkan segala urusan tersebut segera dikabulkan oleh Allah SWT, Bunda bisa membaca doa pada waktu-waktu tertentu.

3. Waktu yang mustajab untuk berdoa

Dalam Islam, terdapat waktu-waktu yang mustajab untuk berdoa, Bunda. Dilansir dari buku Doa-doa Patah Hati karya Kang Yadi, berikut adalah waktu yang mustajab untuk berdoa.

  • Pada tengah malam (sepertiga malam) dan akhir salat fardhu. Rasulullah ditanya, “Pada waktu apa doa (manusia) lebih didengar (oleh Allah)?” Lalu Rasulullah SAW menjawab, “Pada tengah malam dan pada akhir tiap salat fardhu (sebelum salam).” (Mushabih Assunah).
  • Antara azan dan iqamah. Hal ini berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi: “Doa antara azan dan iqamah tidak ditolak (oleh Allah).” (HR Ahmad).
  • Di antara dua khotbah. Baik dalam salat Jumat maupun salat dua hari raya (Idul Fitri dan Idul Adha).
  • Waktu sahur di bulan Ramadan. Rasulullah SAW bersabda: “Rabb kita, Allah SWT, turun pada tiap malam ke langit dunia pada sepertiga malam terakhir, lalu berfirman; “Siapa yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan baginya. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka aku beri kepadanya. Siapa yang meminta ampunan, maka Aku akan mengampuni-nya.” (HR Bukhari Muslim).

Itulah bacaan doa agar dimudahkan dalam segala urusan, Bunda. Semoga informasinya bermanfaat ya.

Doa juga bisa tersemat dalam nama, berikut rekomendasi nama bayi Islami yang indah dan penuh doa untuk Si Kecil yang akan segera lahir:

[Gambas:Video Haibunda]



(fia/fia)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!