sign up SIGN UP search


moms-life

Berat Badan Bunda Naik Usai Lebaran? Yuk Turunkan Lagi dengan 5 Diet Berikut

Arina Yulistara   |   Haibunda Sabtu, 14 May 2022 06:30 WIB
Diet telur rebus Foto: Getty Images/iStockphoto/fcafotodigital
Jakarta -

Lebaran sudah lewat dua minggu tapi berat badan tidak kunjung turun? Mungkin Bunda belum menjalani diet sehat usai Lebaran.

Selama libur Lebaran, Bunda mungkin sudah terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi minyak dan berlemak seperti opor ayam, rendang, dan makanan lain. Itu semua bisa memicu penyakit kolesterol, jantung, hingga diabetes, lho, Bunda.

Kini saatnya kembali menjalani diet sehat agar tubuh selalu bugar dan tidak meningkatkan risiko terkena penyakit berbahaya tersebut. Tidak harus memaksakan diri untuk diet sehat secara ketat, kok.


Bunda bisa coba memulainya dengan perlahan. Apa saja tips diet ringan dan sehat yang bisa Bunda coba untuk mengembalikan berat badan setelah Lebaran?

5 Tanaman Pembawa Rezeki dalam Islam

Berikut rekomendasi diet ringan yang bisa Bunda coba untuk menurunkan berat badan setelah lebaran:

1. Makan satu porsi salad sayuran setiap hari

Setelah momen Lebaran lewat, cobalah mulai mengonsumsi satu porsi salad sayuran setiap hari. Dikutip dari Parenting Firstcry, beberapa salad sayur mengandung banyak kalori yang tak membantu menurunkan berat badan.

Ini karena campuran bahan yang kurang tepat dalam membuat salad sayur untuk diet sehingga tak membantu menurunkan berat badan. Pilih salad sayur yang memiliki variasi warna di dalamnya.

Tubuh kita membutuhkan semua jenis vitamin dan mineral yang tersedia dalam sayuran beda warna. Campur jenis sayur berwarna merah seperti paprika hingga tomat.

2. Ganti puasa Ramadan

Mengutip dari The Healthy Muslim, salah satu diet yang dianjurkan untuk Bunda lakukan adalah dengan diniatkan puasa ganti Ramadan, Bunda. Setelah menjalani puasa sunnah Syawal maka lanjutkan dengan mengganti puasa Ramadan yang batal karena haid atau hal lainnya.

Dengan mengganti puasa Ramadan bisa membantu mengontrol nafsu makan usai Lebaran. Tidak hanya mendapatkan manfaat dari diet sehat tentu juga ada pahalanya, Bunda.

3. Sarapan dengan telur

Sarapan dengan telur rebus bisa menjadi salah satu pilihan terbaik yang dapat dicoba usai Lebaran. Telur kaya protein dan banyak vitamin serta mineral penting, seperti selenium dan riboflavin.

Berkat kandungan proteinnya yang tinggi, telur dapat mengurangi nafsu makan jika dikonsumsi sebagai makanan untuk diet ketat pada pagi hari. Tentu akan memberikan dorongan yang untuk menurunkan berat badan.

Salah satu penelitian pada 30 wanita yang kelebihan berat badan menunjukkan bahwa makan telur saat sarapan secara signifikan meningkatkan perasaan kenyang. 

Bunda sedang diet? Hindari mengonsumsi minuman berikut, ya:

[Gambas:Video Haibunda]



REKOMENDASI DIET LAIN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!