sign up SIGN UP search

moms-life

5 Tips Diet Defisit Kalori yang Aman dan Sehat

Arina Yulistara   |   Haibunda Sabtu, 21 May 2022 06:30 WIB
TIPS LAIN AGAR DIET DEFISIT KALORI AMPUH TURUNKAN BB
ilustrasi diet caption

4. Imbangi dengan olahraga

Selain menghitung dan memantau kalori Bunda setiap hari, disarankan untuk mengimbanginya dengan olahraga. Menurut Physical Activity Guidelines for Americans from the Department of Health and Human Services, orang dewasa disarankan melakukan 150 sampai 300 menit latihan intensitas sedang atau 75 hingga 150 menit latihan intensitas kuat, setiap minggu.

Latihan intensitas sedang termasuk jalan cepat dan bersepeda ringan. Sementara contoh latihan intensitas kuat adalah jogging dan bersepeda cepat. Pedoman tersebut juga merekomendasikan agar orang dewasa melakukan aktivitas penguatan otot yang melibatkan kelompok otot utama mereka, termasuk punggung, bahu, dada, lengan, dan kaki, setidaknya dua hari setiap minggu.

Aktivitas penguatan otot tersebut akan membantu tubuh Bunda memprioritaskan hilangnya lemak tubuh daripada massa otot saat menjalani diet defisit kalori.


5. Konsisten atur pola makan dan olahraga


Cara diet defisit kalori terbaik tentu dengan menyeimbangkan antara mengatur pola makan yang tepat dan berolahraga. Jadi, Bunda tidak bisa menjalani diet defisit kalori hanya dengan berolahraga tanpa memantau kalori makanan. Olahraga saja tidak membakar kalori sebanyak yang diyakini banyak orang.

Mungkin lebih mudah untuk makan 500 kalori lebih sedikit setiap hari daripada membakar jumlah kalori ini melalui olahraga. Meski demikian, tetap disarankan untuk melakukan latihan penguatan otot dan aerobik untuk efek kesehatan jangka panjang.

Apakah Bunda sudah memahami cara diet defisit kalori yang aman dan sehat?

(fia/fia)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!