sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Mengendalikan Hipertensi, Coba Ubah Gaya Hidup Jadi Lebih Sehat Bun

Mutiara Putri   |   Haibunda Rabu, 18 May 2022 15:52 WIB
hipertensi caption
Jakarta -

Tanggal 17 Mei selalu diperingati sebagai Hari Hipertensi Internasional, Bunda. Di tahun ini, tema yang digunakan sama dengan tema tahun sebelumnya, yakni Measure Your Blood Pressure, Control it, Live Longer.

Hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi sendiri merupakan penyakit yang banyak diidap oleh masyarakat di seluruh dunia, Bunda. Namun, diketahui kalau jumlah pasien hipertensi tidak bertambah maupun berkurang.

Menurut dr. Erwinanto, Sp.JP (K), FIHA, FAsCC, Ketua InaSH dan Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, saat Bunda mengukur tekanan darah secara akurat dan benar, Bunda akan tahu apakah Bunda mengalami hipertensi atau tidak.


"Ketika mengukur tekanan darah secara akurat, maka Anda akan tahu apakah (mengalami) hipertensi atau tidak. Hipertensi adalah saat tekanan darah berada lebih dari 140/90 mm hg," katanya dalam acara Virtual Press Conference Word Hypertension Day 2022: Measure Your Blood Pressure, Control it, Live Longer, Selasa (17/5/2022).

4 Cara Bersihkan AC di Rumah

Lebih lanjut Erwin mengungkapkan kalau mengukur tekanan darah di rumah jauh lebih baik daripada mengukur tekanan darah di klinik, Bunda. Bukan tanpa alasan, hal ini lantaran Bunda bisa mendeteksi adalah hipertensi jas putih.

"Mengukur tekanan darah di rumah jika tersedia lebih baik daripada di klinik karena bisa mendeteksi adanya hipertensi jas putih, yakni tekanan darah yang terjadi karena rasa tidak nyaman ketika di klinik," paparnya.

Tak hanya itu, memeriksa tekanan darah di rumah juga bisa mendeteksi adanya hipertensi terselubung atau yang menjadi kebalikan dari jas putih. Hipertensi ini justru membuat tekanan darah lebih tinggi saat diperiksa di rumah dan normal saat di klinik.

Meski begitu, Erwin mengatakan kalau mengukur tekanan darah tidak bisa dilakukan sekali, Bunda. Minimal, Bunda melakukan pengecekan dua kali untuk mengetahui hasil yang akurat.

Cara mengendalikan hipertensi

Erwin juga membagikan beberapa tips dan cara untuk mengendalikan hipertensi, nih. Kalau penasaran, berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya.

1. Perubahan gaya hidup

Menurut Erwin, Bunda yang tidak mengalami hipertensi tetap harus mengendalikan tekanan darah, nih. Caranya adalah dengan perubahan gaya hidup.

"Tekanan darah harus dikendalikan baik mereka tanpa hipertensi atau mereka yang pasien. Kalau pasiennya sudah hipertensi, perubahan gaya hidup dengan atau tanpa terapi obat," katanya.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat cara yang lainnya yuk, Bunda.

Bunda, simak juga video diet golongan darah yang efektif turunkan berat badan berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MENGENDALIKAN HIPERTENSI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!