sign up SIGN UP search


moms-life

Puasa Ayyamul Bidh 13, 14, 15 Juni 2022, Ini Doa Niat dan Keutamaan Menunaikannya

Mutiara Putri   |   Haibunda Selasa, 14 Jun 2022 11:20 WIB
beautiful muslim woman open her palm and pray before eating caption
Jakarta -

Selain menjalankan puasa wajib di bulan Ramadhan, ada pula puasa sunnah yang baiknya dikerjakan oleh umat Islam di luar bulan Ramadhan, Bunda. Salah satunya yang memiliki banyak keutamaan adalah puasa Ayyamul Bidh.

Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa yang dilaksanakan pada tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulan qamariyah atau bulan Zulkaidah, Bunda. Tahun ini, waktunya jatuh pada tanggal 13 hingga 15 Juni.

Mengutip dari buku Dahsyatnya Puasa Sunah karya H. Amirullah Syarnini dan Hj. Iis Nur'aeni Afgandi, puasa Ayyamul Bidh disebut juga sebagai puasa hari-hari putih. Hal ini karena hari tersebut jatuh bertepatan dengan saat bulan dalam keadaan terang-terangnya.


Rasulullah SAW membiasakan diri untuk berpuasa di tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulannya. Rasulullah SAW pun jarang meninggalkan kegiatan ini baik saat di rumah atau dalam perjalanan.

Mengingat pentingnya berpuasa di tanggal-tanggal ini, Rasulullah bahkan sampai memerintahkan kedua sahabatnya, Abu Dzar al-Ghiffari dan Abu Hurairah r.a untuk turut melaksanakannya.

Banner Mesin Cuci di Bawah Harga Rp2 Juta

"Ya Abu Dzar, apabila engkau hendak berpuasa sunah pada setiap bulannya. Maka lakukanlah puasa pada tanggal 12, 14, dan 15." (HR. Tirmidzi).

Bagi siapa saja yang melaksanakan puasa Ayyamul Bidh, akan mendapatkan pahala yang sangat besar, Bunda. Nilainya bahkan setara seperti berpuasa setahun penuh.

"Berpuasalah setiap bulannya tiga hari. Karena sesungguhnya kebaikan pada hari itu dihitung dengan sepuluh kelipannya yang nilainya sama seperti berpuasa sepanjang tahun." (HR. Muttaqun 'Alaih').

Niat puasa Ayyamul Bidh

Bunda ingin mengerjakan puasa Ayyamul Bidh ini? Sebelum itu, Bunda perlu tahu bacaan niat puasanya, nih. Berikut ini niat puasa Ayyamul Bidh yang dirangkum dari buku Panduan Praktis Menjalankan Puasa Sunah karya Siti Nur Aidah dan Tim Penerbit KBM Indonesia.

نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

Bacaan Latin: Nawaitu Sauma Ayyaamal Bidh Sunnatan Lillaahi Ta'ala.

Artinya: Saya niat puasa Ayyamul Bidh, sunnah karena Allah ta'ala.

Selain nilainya sebesar puasa sepanjang tahun, puasa Ayyamul Bidh juga memiliki keutamaan lain, Bunda. Simak selengkapnya di laman berikutnya, yuk.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video tips agar anak kuat berpuasa berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



KEUTAMAAN PUASA AYYAMUL BIDH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!