sign up SIGN UP search


moms-life

4 Cara Hadapi Penolakan seperti Lesti Kejora saat Belanja di Butik Hermes

Tim HaiBunda   |   Haibunda Senin, 20 Jun 2022 19:02 WIB
Potret Liburan Rizky Billar dan Lesti Kejora caption
Jakarta -

Beberapa waktu yang lalu, Lesti Kejora bagikan pengalaman tak menyenangkan, Bunda. Pedangdut kelahiran Bandung ini mendapat perilaku penolakan secara tak langsung saat berbelanja di butik Hermes di Paris.

Menurut Lesti, saat itu ia ingin membeli sepatu untuk sang suami, Rizky Billar. Namun ternyata, pekerja butik tersebut justru bersikap cuek tak melayani dengan alasan sibuk.

Pengalaman tersebut lantas membuat Rizky Billar kecewa. Di kesempatan yang sama, Rizky Billar mengungkapkan bahwa pengalaman itu adalah salah satu bentuk diskriminasi.


"Diskriminasi tuh orang. Membeda-bedakan. Zalim tuh orang. Padahal ane mau bayar yah, mau bayar tuh di sana. Sibuk sendiri dia," kata Rizky Billar.

Perlu dipahami bahwa penolakan pada hal-hal yang kamu inginkan adalah hal yang menyakitkan, dan itu adalah hal yang alami. Hal ini bisa timbul ketika kamu merasa tidak disertakan, diterima, atau disetujui.

Kendati penolakan kerap terjadi di kehidupan sehari-hari, tapi tak semua orang bisa menghadapinya dengan baik. Dihimpun dari Psychology Today, ada empat cara untuk menghadapi penolakan yang baik untuk kesehatan mental. Apa saja?

Banner Cara Membuat Infused Water

1. Akui penolakan

Rasa malu kerap timbul ketika penolakan terjadi. Selain itu, timbul pula rasa perasaan tertekan, denial, dan hasrat melakukan hal-hal yang dianggap bisa menghilangkannya, seperti minum minuman keras atau pesta makanan.

Padahal ketika hal ini, ada baiknya kamu menerima perasaan itu. Menangis mungkin akan terjadi tapi menulis jurnal, terapi, berolahraga, pergi ke alam, self-care akan jadi terapi yang baik ketika bersedih.

2. Jangan salahkan diri sendiri

Mungkin Bunda juga penasaran kenapa bisa mendapat penolakan, tapi tidak perlu mengoreknya terlalu dalam. Pasalnya, semakin Bunda tidak mendapatkan atau menerima jawaban, maka akan cenderung menyalahkan diri sendiri.

Penolakan tidak selalu tentang Bunda yang salah dan bukan hal adil untuk menyalahkan diri sendiri atau bertanggung jawab, ya.

3. Perkuat pertahanan diri

Tak jarang penolakan bikin down. Dikutip dari Psychology Today, para psikolog percaya bahwa ada hal yang bisa dipelajari dari penolakan, seperti pikiran terbuka, menghindari pemikiran 'semua orang sama', dan berfokus pada solusi.

Dengan begitu, Bunda bisa mencari dukungan, mempertahankan rasa humor, mengingat kekuatan sebagai pertahanan diri. Bunda bisa melihat kesalahan sebagai langkah penting menuju kesuksesan, ya.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI. 

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen. 

Simak juga dampak psikologis terlalu banyak terpapar berita duka dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/som)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!