sign up SIGN UP search


moms-life

Demi Biaya Ibunda Sakit, Eks Presenter Berita Jualan Makanan di Pinggir Jalan

Tim HaiBunda   |   Haibunda Selasa, 21 Jun 2022 21:10 WIB
Ilustrasi jual makanan di pinggir jalan Ilustrasi eks pembawa berita jual makanan di pinggir jalan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Rike_
Jakarta -

Selama ini, seorang pembawa berita atau news anchor dikenal sebagai profesi yang mentereng dengan penampilan necis. Namun, kisah berbeda dialami seorang pembawa berita di sebuah stasiun televisi.

Jika sebelumnya ia terlihat berwibawa menyiarkan berita di layar kaca, kini terlihat jauh berbeda. Adalah Mosa Mohammadi yang rela banting setir menjadi penjual makanan di pinggir jalan.

Mosa terpaksa meninggalkan pekerjaan lamanya sejak ada konflik di negaranya. Pria asal Afghanistan itu menjadi salah satu orang yang tedampak konflik Taliban, Bunda.


Setelah negara mereka dikuasi Taliban, aturan pun berubah drastis. Segala aturan menjadi lebih ketat, sehingga membuat banyak orang terpaksa harus kehilangan pekerjaannya.

Banner Lahirkan Bayi Down SyndromeLahirkan Bayi Down Syndrome/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Dulunya, Mosa adalah seorang jurnalis yang bekerja sebagai pembawa berita sekaligus reporter televisi. Dilansir Thequint, Mosa sudah menekuni pekerjaan tersebut sejak tahun 2011.

Namun, ia harus menanggalkan pekerjaan itu sejak pasukan Taliban menguasai negaranya pada Agustus 2021. Mau tak mau, ia harus memutar otak agar bisa bertahan hidup dan menghidupi keluarganya.

Berjualan makanan menjadi satu-satunya cara yang bisa ia lakukan saat ini. Pada foto yang viral beredar di media sosial, Mosa sedang duduk berjongkok di pinggir jalan.

Di depannya ada sebuah wadah ditutup kertas, yang diduga adalah makanan jualannya. Pada media, Mosa pun menceritakan kehidupannya dan keluarga yang berubah 180 derajat.

Setelah negaranya dikuasi Taliban, saluran televisi tempatnya bekerja tidak mampu lagi membayar pegawainyanya. Sehingga akhirnya memecat semua pegawainya.

Tak langsung berjualan makanan, Mosa pun sempat menganggur hingga kurang lebih selama tujuh bulan, Bunda. Di tengah kebingungan menghidupi keluarga, yang mana saat itu sang bunda tengah berbaring sakit dan ia adalah pengantin baru, akhirnya memutuskan berjualan makanan.

LANJUTKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga kisah WNI yang terjebak di Ukraina saat kisruh dengan Rusia beberapa waktu lalu dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!