sign up SIGN UP search


moms-life

Penyebab Flek Hitam dan Cara Mengatasinya, Ada yang Alami hingga Bahan Kimia Bun

Mutiara Putri   |   Haibunda Rabu, 06 Jul 2022 06:30 WIB
attractive beautiful short hair asian woman worry looking into mirror for face skin care condition. Frustrated Young female Examining Her Face While Looking At The Mirror in bathroom. annoy facial age caption
Jakarta -

Bintik-bintik atau flek hitam pada kulit menjadi masalah umum yang kerap ditemukan. Kira-kira, Bunda juga merasakan hal yang sama?

Flek hitam atau hiperpigmentasi terjadi karena beberapa area kulit memproduksi lebih banyak melanin daripada biasanya. Melanin ini biasanya bekerja untuk memberikan warna pada mata, kulit, dan rambut.

Meskipun menjadi masalah yang sering ditemukan, flek hitam tidak perlu dikhawatirkan dan memerlukan perawatan khusus. Namun, Bunda tetap bisa menutupi flek hitam ini dengan menggunakan kosmetik.


Flek hitam sebenarnya tidak benar-benar berwarna hitam. Biasanya, flek hitam memiliki warna cokelat muda hingga cokelat tua. Warna ini juga bergantung pada warna kulit seseorang,

Banner Eklamsia Penyebab Wafatnya Luri Istri Arjuna AFI

Bintik-bintik gelap ini bisa tumbuh dan berkembang di bagian tubuh manapun, Bunda. Namun, area yang paling sering terlihat adalah punggung jangan, wajah, punggung, hingga bahu.

Flek hitam tetap bisa diatasi dengan berbagai cara, Bunda. Sebelumnya, Bunda harus tahu terlebih dahulu penyebab flek hitam, ya.

Penyebab flek hitam

Mengutip dari laman Healthline, setidaknya ada 5 penyebab utama timbulnya flek hitam di kulit, terutama wajah. Berikut ini Bubun rangkumkan ulasannya.

1. Sinar matahari

Flek hitam sering juga disebut bintik matahari. Artinya, bintik hitam yang terjadi pada kulit terjadi karena paparan sinar matahari.

Area tubuh yang paling sering terkena sinar matahari seperti wajah, tangan, atau lengan, paling mungkin mengalami bintik matahari, Bunda.

2. Perubahan hormonal

Melasma adalah kondisi kulit yang menyebabkan bercak-bercak kecil perubahan warna kulit. Kondisi ini biasanya sering terjadi pada wanita terutama selama masa kehamilan.

Menurut American Academy of Dermatology (AAD), hormon yang diproduksi oleh wanita, terutama saat hamil, dapat memicu melasma.

3. Diabetes

Penyakit diabetes bisa menyebabkan beberapa area kulit menjadi lebih gelap, Bunda. Kondisi yang terkait dengan diabetes termasuk acanthosis nigricans, menyebabkan kulit menjadi lebih gelap.

Bintik-bintik yang terjadi karena diabetes terkadang membingungkan. Bukan tanpa alasan, bintik-bintik ini mirip dengan bintik-bintik tanda penuaan.

4. Peradangan

Flek hitam dapat berkembang setelah terjadi peradangan pada kulit. Peradangan ini bisa disebabkan oleh berbagai kondisi, misalnya saja eksim, cedera kulit, hingga jerawat.

5. Efek samping

Kulit Bunda mengalami flek hitam setelah mengonsumsi obat-obatan tertentu? Ini adalah hal yang wajar terjadi.

Nyatanya, beberapa jenis obat dapat meningkatkan pigmentasi kulit dan menyebabkan bintik hitam, Bunda. Obat-obatan ini meliputi obat antiinflamasi nonsteroid, tetrasiklin, dan obat psikotropika.

Setelah mengetahui berbagai penyebab flek hitam, Bunda bisa mulai mengobatinya dengan berbagai cara. Klik baca halaman berikutnya, yuk.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Intip juga video manfaat niacinamide untuk kulit berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MENGATASI FLEK HITAM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!