sign up SIGN UP search


moms-life

4 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Pipi, Pakai Skincare hingga Treatment Khusus

Mutiara Putri   |   Haibunda Rabu, 22 Jun 2022 06:30 WIB
Sensitive skin. Acne problem. Zit treatment. Frustrated young woman touching itchy dry face wrinkle on white defocused background. Ilustrasi Flek Hitam/Foto: Getty Images/iStockphoto/golubovy
Jakarta -

Flek hitam adalah salah satu masalah kulit yang sering terjadi, Bunda. Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang memiliki flek hitam. Mulai dari jerawat, paparan sinar matahari yang berlebihan, hormonal, hingga usia.

Flek hitam juga kerap datang di berbagai tempat di wajah, lho. Salah satunya yang paling banyak dikeluhkan adalah pipi.

Untuk menghilangkan flek hitam di pipi, Bunda bisa gunakan berbagai macam produk skincare, nih. Namun, tidak semua produk skincare aman untuk kulit Bunda, ya.


Selain menggunakan skincare, flek hitam membandel yang tak kunjung hilang juga bisa Bunda hilangkan dengan perawatan kulit di dokter kulit, nih. Namun, jangan lupa konsultasikan penyebabnya terlebih dahulu, ya.

Banner Cara Membuat Infused Water

Cara hilangkan flek hitam di pipi

Ada banyak cara menghilangkan flek hitam di pipi, Bunda. Melansir dari laman Healthline, berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretan tipsnya.

1. Krim dan serum hidrokuinon

Krim dan serum hidrokuinon mungkin solusi penghilang flek hitam yang paling populer, Bunda. Sebuah studi di tahun 2013 menemukan manfaat potensial untuk melasma wajah yang menyebabkan bercak perubahan warna. Namun, penelitian lebih lanjut tetap diperlukan untuk menentukan cakupan penuh efektivitasnnya.

Meskipun sebelumnya tersedia over-the-counter (OTC). Food and Drug Administration (FDA) mengubah status hidrokuinon pada tahun 2021 menjadi bahan yang hanya bisa didapatkan dengan resep dokter, Bunda.

Meskipun dianggap aman untuk digunakan dalam produk kosmetik, konsentrasi hidrokuinon terbatas karena menimbulkan risiko yang lebih besar pada konsentrasi yang lebih tinggi.

Di Afrika Selatan, hidrokuinon justru dilarang edar yang ilegal untuk digunakan, Bunda. Bahkan, hidrokuinon dianggap sebagai bahan yang beracun atau berbahaya di Kanada.

Bukan tanpa alasan, hal ini karena banyak ahli khawatir hidrokuinon bisa menyebabkan kanker. Penelitian menyarankan agar hidrokuinon digunakan dalam jangka pendek.

Kalau saat mengaplikasikan krim hidrokuinon untuk menghilangkan flek hitam Bunda mengalami iritasi, penggelapan kulit yang tidak biasa, atau efek samping lainnya, sebaiknya segera hentikan penggunaannya ya, Bunda.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat cara menghilangkan flek hitam di pipi yang lainnya, yuk.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video manfaat air beras untuk kecantikan berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA HILANGKAN FLEK HITAM DI PIPI YANG LAINNYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!