sign up SIGN UP search


moms-life

Naik Jadi Level 2, Ini Daftar Lengkap PPKM Jawa-Bali

Annisa A   |   Haibunda Selasa, 05 Jul 2022 17:04 WIB
Portrait of young woman putting on a protective mask for coronavirus isolation caption
Jakarta -

Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali hingga 1 Agustus 2022. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan kasus COVID-19.

Seperti Bunda ketahui, belakangan ini kasus COVID-19 kembali meningkat akibat penyebaran varian BA.4 dan BA.5. Pemerintah melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memutuskan melanjutkan PPKM di dua pulau tersebut.

Adapun status PPKM di wilayah Jawa-Bali tertuang dalam Inmendagri nomor 33 tahun 2022. Perpanjangan tersebut berlaku mulai 5 Juli hingga 1 Agustus 2022, Bunda.


Kembali diperpanjang, PPKM di beberapa daerah khususnya Jawa-Bali memiliki sejumlah perubahan. Hal itu disampaikan oleh Dirjen Bina Adwil dan juga Wakil Ketua III Satgas Penanganan COVID-19 Nasional Safrizal.

Safrizal menjelaskan, ada perubahan level di beberapa daerah Jawa-Bali. Sebanyak 14 daerah akan kembali ke status PPKM level 2, Bunda.

"Akhir-akhir ini kita melihat adanya peningkatan kasus COVID-19 dikarenakan adanya penyebaran varian BA.4 dan BA.5," kata Safrizal seperti dalam keterangan resminya.

"Beberapa daerah terpaksa harus dinaikkan menjadi Level 2 yaitu Provinsi DKI Jakarta, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Sorong," paparnya.

Sementara itu, saat ini masih ada sejumlah daerah yang memiliki status PPKM level 1. Jumlah daerah tersebut mencapai 114 yang tersebar di Jawa hingga Bali. Angka tersebut menunjukkan penurunan dari pelaksanaan Inmendagri sebelumnya, yaitu 128 daerah.

Safrizal mengatakan bahwa penetapan status tersebut dilakukan berdasarkan indikator transmisi komunitas untuk melakukan asesmen pemerintah daerah dalam pelaksanaan PPKM.

Melonjaknya angka COVID-19 di Indonesia ini karena adanya hasil mutasi Omicron yang disebut dengan Omicron BA.4 dan BA.5. Gejala yang terlihat dari varian ini mirip dengan Omicron pada umumnya, Bunda. Namun, gejala yang paling sering dilaporkan yakni batuk sebanyak 89 persen dan fatigue atau kelelahan sebanyak 65 persen.

Selain vaksinasi dosis ketiga atau booster, upaya yang dilakukan pemerintah adalah memperpanjang PPKM level 2 di Jawa-Bali. Saat ini ada 14 daerah dengan status PPKM level 2, di mana sebelumnya tidak ada satupun daerah Jawa-Bali yang berada di level 2.

Bunda, simak daftar lengkap status PPKM di Jawa dan Bali.

LANJUTKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video tentang rekomendasi vaksinasi booster untuk Bunda yang sedang hamil:

[Gambas:Video Haibunda]



(anm/som)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!