sign up SIGN UP search

moms-life

Hebat! 5 Orang Ini Punya Gelar Akademik Terbanyak hingga Masuk MURI Bun

Mutiara Putri   |   Haibunda Rabu, 06 Jul 2022 10:50 WIB
interior of a school classroom with wooden desks and chairs. nobody around. 3d render caption
Jakarta -

Pendidikan adalah hal yang penting dalam kehidupan, Bunda. Karena itu, banyak pepatah mengatakan untuk mengejar pendidikan hingga ke negeri China, yang artinya pendidikan harus digapai setinggi-tingginya.

Usai menempuh pendidikan sarjana hingga doktor atau S3, akan ada gelar yang terpasang di belakang nama kita. Gelar ini dapat menunjukkan pendidikan apa yang selama ini dijalani.

Bagi sebagian orang, belajar adalah kegiatan yang menyenangkan. Tak heran kalau banyak orang bisa mendapatkan sederet gelar akademik di belakang namanya.


Menduduki bangku perkuliahan juga bukan hal yang mudah. Banyak tenaga, waktu, serta biaya yang harus dikorbankan. Namun, ternyata ada banyak orang yang ketagihan sampai bisa mengoleksi banyak gelar akademik.

Salah satu orang yang dikenal dengan deretan gelar akademiknya adalah Welin Kusuma, Bunda. Ia memiliki 32 gelar akademi. Selain itu, ada pula Achamd Tarmizi yang memiliki 11 gelar akademik serta 72 gelar non-akademik. Ia bahkan tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI)

Orang dengan gelar pendidikan terbanyak

Bunda penasaran dengan deretan orang yang memiliki gelar akademik terbanyak? Berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya:

1. Achmad Tarmizi, 11 gelar akademik dan 72 gelar non akademik

Melansir dari laman resmi Kabupaten OKU, Achamd Tarmizi saat ini berprofesi sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabuaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Bunda. Ia merupakan pejabat pemerintah yang memiliki gelar pendidikan terbanyak. Totalnya, Achmad Tarmizi memiliki 83 gelar, lho.

Gelar lengkap yang diperoleh adalah Dr. Drs. Ir. H. Achmad Tarmizi, SE, SH, ST, MT, M.Si, MH, M.Pd, Ph.D (HC), CH, CHt, CHA, NNLP Pract, M.NNLP, CT.NNLP, CPHCM, HCBP, HCMP, CNHRP, CNPSP, CT.NPS, CHMP, CT.HM, CHLP, CT.HL, CHSP, CT.HS, CNSPP, CT.NSP, CNBLP, CT.NBL, CNSHP, CT.NSH, CNSCP, CT.NSC, CHPP, CT.HP, CNTP, CNICP, CT.NIC, CRBC, AWP, QWP, CTOT, CHRMP, C.SH, IPU, C. STMNI. Int'l, CPS, CPSP, CLA, C.PW, CSHWP, C.IB, CTAP, RFP, CPR, C.MARCOM, C.HRD, C.NLMOR, C.FH., CMFH, C.MMI., CT.MMI, CT-ALC, C.MGR, CSS.ALC, C.Pst, C.Ext, C.Hs, C.IT, C.AT, C.ME, C.Spk, C.CC, C.LA-ALC, C.LSc, CRBD, CT.NHT, CT.NHR, ASEAN Eng.

Karena terlalu panjang, Achmad Tarmizi biasanya hanya mencantumkan 11 gelarnya saja. Ia pun hafal dan bisa menuliskan namanya lengkap dengan gelarnya.

2. Yenita, 13 gelar akademik

Wanita bernama Yenita juga menjadi orang dengan gelar terbanyak di Indonesia, lho. Yenita berhasil meraih 13 gelar akademik yang ia dapatkan dari berbagai kampus ternama di Indonesia.

Saat ini Yenitaa berprofesi sebagai dosen jurusan Ekonomi di Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanegara (Untar). Dari 13 gelar ini, secara rinci Yenita meraih satu gelar sarjana, 10 gelar master dan dua gelar doktor.

Secara lengkap, gelar yang diperolehnya adalah Dr. Dr. Yenita, S.E., M.M., M.B.A., M.Si., M.T., M.H., M.Pd., M.Ak., M.E., M.I.Kom., M.M.S.I.

Masih penasaran dengan deretan orang yang memiliki gelar akademik terpanjang, Bunda? TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

(mua)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!