sign up SIGN UP search


moms-life

Ada Keluarganya yang Terjerat Utang Pinjol Puluhan Juta, Enno Lerian Marah Besar

ANNISAAFANI   |   Haibunda Selasa, 12 Jul 2022 11:30 WIB
Enno Lerian. caption
Jakarta -

Enno Lerian belum lama ini membagikan perasaan gundahnya melalui media sosial, Bunda. Pesinetron kelahiran 38 tahun silam ini mengatakan dirinya merasa amat marah dan lelah menghadapi satu masalah yang baru datang.

Lewat Instagram Story, Enno menceritakan bahwa dirinya turut bertanggung jawab melunasi utang salah satu anggota keluarganya. Sayangnya utang tersebut tak sedikit, mencapai puluhan juta.

"Marah sampe rasanya capek bangeeeet. Marah ngebayangin aku gak ngutang tapi aku yg nanggung tuh gimana siiih?? Udah gak bisa nangis, udah gak bisa mikir logis.. ya Allah, sampe rasanya kok aku jadi orang lain karena semarah ini," tulisnya, dikutip dari akun @enoolerian_ pada Senin (11/7/2022).


Bunda empat anak ini turut berharap kejadian tersebut tak dialami oleh banyak orang, Bunda. Ia mewanti-wanti, melakukan pinjaman online memang sangat berisiko.

Ini nantinya tak hanya menyusahkan pelaku yang meminjam, namun berakar hingga keluarga dan orang-orang terdekat lainnya.

"Maaf ya kalau sampe harus curhat lagi, sampe kayanya kok ngehumbar banget kejadian ini, biar stop sampe di aku dan keluargaku aja, kamu
jangan.."

"Kalau sudah terlanjur bisa diselesaikan secepatnya supaya gak jadi kegulung utang sana sini.. Apa yg kita baca dan dengar tentang urusan ini ternyata bener, bukan cuma katanya-katanya saja, beneran bisa ngejerat dan nyusahin banget.. bukan buat yg ngutang doang tapi sekeluarga harus nanggungnya," pesannya.

Di postingan selanjutnya, barulah Enno Lerian membagikan kronologi singkat. Ia menjelaskan bagaimana salah satu anggota keluarganya sampai bisa terlilit utang dari pinjaman-pinjaman tersebut.

"Berawal dari pay later mungkin di salah satu e-ccomerce buat belanja, karena gak bisa nutup akhirnya pinjam ke pinjol buat nalangin, gitu aja terus sampe akhirnya pinjam sana sini buat nutup utang dan seterusnya."

"Kenapa sampe besar?? Karena adanya tunggakan, karena gali lobang tutup lobang.. Keterlambatan bayar 1 hari aja bunganya gede, sedikit dikitnya kalau gak dibayar jadi besar juga, dan ini bukan di 1 pinjol dan bukan di 1 paylater, di mana mana," sambungnya.

Akibat utang ini, biasanya keluarga terutang akan terus-menerus dihubungi oleh pihak peminjam uang dan dipaksa untuk melunasi. Untungnya, hal tersebut tak dialami oleh keluarga inti Enno.

"Alhamdulillah Walaupun ternyata kejadian ini sudah dari tahun lalu, keluarga kami gak ada yg sampai di teror sama pinjolnya.. Yang terjadi setiap ada tunggakan selalu ditutup dengan pinjaman yang lain, makanya untuk tagihan bulan ini ada sekitar tagihan sampai lebih dari 20
pinjol, ada yang legal dan ilegal.."

"Mau legal ataupun ilegal menurut aku tetap harus dibayar apapun itu, dan ternyata baru bulan ini yg bersangkutan minjem ke pinjol ilegal saking udah gak bisa lunasin yg pinjol legalnya, alhamdulillah ketauan sekarang kan, jd utang ke yg ilegal gak kegulung banyak..," sambungnya.

Simak curahan hati Enno Lerian lainnya di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen. 

Simak juga curhat Enno Lerian yang hidup damai dengan keluarga mantan suami dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

SEDIH HARUS BEKERJA KERAS MENGUMPULKAN UANG, TAPI HASILNYA TAK TERASA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!