sign up SIGN UP search


moms-life

5 Cara Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak, Sederhanakan Rutinitas Skincare Bun

Mutiara Putri   |   Haibunda Jumat, 15 Jul 2022 06:30 WIB
An attractive young woman applying cream to her face caption
Jakarta -

Kulit merupakan organ paling terluarĀ dalam tubuh, Bunda. Kulit sendiri bertugas untuk melindungi organ dalam dari berbagai masalah. Karena itu, Bunda harus menjaga kulit agar tetap sehat.

Kulit sendiri terdiri dari berbagai lapisan. Namun, lapisan yang harus diberikan perhatian lebih adalah lapisan penghalang kulit yang dinamakan skin barrier.

Kalau tubuh tidak memiliki skin barrier, segala macam racun dan potagen lingkungan yang berbahaya bisa menembus kulit dan mendatangkan banyak masalah. Tak hanya itu, tanpa skin barrier, air di dalam tubuh Bunda juga akan menguap terus menerus. Dengan begitu, Bunda akan cepat merasakan dehidrasi.


Niacinamide untuk skin barrier

Melansir dari laman Healthline, kandungan niacinamide dalam skincare bisa digunakan untuk menjaga skin barrier tetap sehat. Niacinamide mampu membangun keratin dan menumbuhkan lipid untuk skin barrier.

Tak hanya itu, nacinamide juga akan membantu mempertahankan kelembapan kulit. Niacinamide juga bisa digunakan untuk beragam jenis kulit, termasuk kulit dewasa dan eksim.

Niacinamide bisa membantu melindungi skin barrier Bunda agar tetap sehat. Biasanya, niacinamide bisa Bunda temukan dalam produk skincare serum atau krim.

Hal yang bisa merusak skin barrier

Setiap hari, kulit pasti menghadapi ancaman dari berbagai hal. Baik ancaman yang datang dari luar tubuh maupun di dalam tubuh.

Ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan skin barrier Bunda rusak, nih. Berikut ini deretannya:

  • Lingkungan yang terlalu lembap atau kering
  • Terlalu banyak terpapar sinar matahari
  • Sabun
  • Paparan bahan kimia yang keras
  • Pengelupasan kulit yang terlalu banyak dicuci
  • Faktor genetik

Saat skin barrier rusak, kulit akan memperlihatkan berbagai tanda, nih. Mulai dari kulit kering, bersisik, hingga berjerawat.

Cara memperbaiki skin barrier

Skin barrier tetap bisa dijaga kesehatannya dengan beberapa cara. Melansir dari laman Healthline, berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya.

1. Sederhanakan rutinitas perawatan kulit

Kalau Bunda memiliki rutinitas skincare yang rumit, secara tidak langsung Bunda akan melemahkan skin barrier, nih. Karena itu, cobalah untuk mempertimbangkan perawatan kulit yang lebih sederhana.

Bunda bisa konsultasikan lebih dahulu ke dokter kulit tentang produk apa yang harus Bunda gunakan. Kalau ingin melakukan eksfoliasi, perhatikan metode apa yang baiknya digunakan.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa simak juga video manfaat tomat sebagai skincare alami berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MEMBERBAIKI SKIN BARRIER LAINNYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!