sign up SIGN UP search


moms-life

Bahaya Diet Kapas yang Dilakukan Para Model agar Tetap Langsing, Berisiko Kematian Bun

Mutiara Putri   |   Haibunda Selasa, 02 Aug 2022 06:30 WIB
Hukum diet ekstrem Ilustrasi diet kapas/Foto: iStock
Jakarta -

Beberapa waktu lalu dunia maya dikejutkan dengan pernyataan model ternama Galagea tentang diet kapas para model Indonesia, Bunda. Hal ini diungkapkan wanita yang akrab disapa Gea itu dalam podcast bersama Deddy Corbuzier.

Dalam kesempatan itu, Gea menyatakan sisi lain kehidupan menjadi seorang model. Mereka harus menjaga tubuh agar tetap langsung dan menarik dengan berbagai cara.

Gea mengatakan, banyak model di Indonesia yang melakukan diet-diet ekstrem. Mulai dari tidak makan, suntik kurus, hingga mengonsumsi kapas.


"Untuk menjaga lambung tetap bekerja, itu rata-rata makan kapas. Karena lapar dan lambung tetap itu mengolah, tapi tidak ada makanan. Itu kapas dicelup ke air jeruk nipis dan dimakan, lalu diminum dengan air hangat," ungkap Galagea, dilihat dari kanal YouTube Deddy Corbuzier.

"Bahkan, saat buang air besar karena tidak makan, yang keluar (pup) juga kapas," sambungnya kemudian.

Dalam dunia kesehatan, ternyata memang ada yang dinamakan diet kapas nih, Bunda. Namun, diet yang satu ini masuk ke dalam kategori berbahaya.

Pengertian diet kapas

Melansir dari laman Verywell Mind, diet kapas dilakukan dengan cara mencelupkan bola kapas ke dalam cairan, termasuk jus atau smoothies, yang kemudian dikonsumsi. Tujuan dari metode ini sendiri agar perut terasa kenyang sekaligus membatasi kalori untuk menurunkan berat badan.

Diet ini juga dilaporkan berasal dari industri modeling, Bunda. Namun, ternyata ada juga gadis-gadis remaja yang merekomendasikan diet ini untuk menurunkan berat badan.

Diet kapas tentu sangat berbahaya jika dilakukan karena mengakibatkan konsekuensi kesehatan yang serius bahkan kematian. Tujuan dari mengonsumsi bola kapas sendiri adalah untuk mengelabui langit-langit mulut agar percaya bahwa seseorang sedang mengonsumsi makanan.

Dalam Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental, diet kapas sendiri tidak dimasukkan ke dalam gangguan makan, Bunda. Namun, ini tetap jenis gangguan makan yang bisa berbahaya dan berakibat fatal.

Pengobatan dan perawatan

Gangguan makan termasuk diet bola kapas sering diobati dengan kombinasi psikoterapi, pendidikan gizi, dukungan psikososial, dan terkadang obat-obatan. Perawatan khusus mungkin dibutuhkan pula tergantung pada tingkat keparahannya.

Fokus pengobatan pada diet kapas sendiri untuk membantu mengubah pikiran dan perilaku yang berkontribusi terhadap perilaku makan yang teratur, Bunda. Orang-orang juga mempelajari keterampilan baru dan perubahan gaya hidup yang bisa membantu mendukung pemulihan mereka.

Kalau diet kapas tetap dilanjutkan, akan ada beberapa risiko yang nantinya harus dihadapi, nih. Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa intip juga video diet golongan darah yang efektif turunkan berat badan berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



DIET KAPAS BERPOTENSI SEBABKAN KEMATIAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!