sign up SIGN UP search

moms-life

Cara Diet Sehat Tanpa Obat yang Efektif Menurunkan Berat Badan

Arina Yulistara   |   Haibunda Kamis, 28 Apr 2022 06:30 WIB
Resolusi Sehat di 2022, Hindari 5 Kebiasaan Makan Ini caption

Mungkin Bunda sudah beberapa kali mencoba program diet sehat tanpa obat namun belum membuahkan hasil signifikan. Berat badan Bunda belum juga turun meski sudah menjalani diet.

Lain halnya ketika mencoba menggunakan obat pelangsing tubuh, hasilnya mungkin bisa dirasakan secara instan. Tapi ingat, Bunda. Diet dengan obat bisa menimbulkan efek samping yang buruk buat kesehatan secara keseluruhan, lho.

Untuk itu, coba saja jalani diet sehat tanpa obat yang efektif dalam menurunkan berat badan. Hanya saja, Bunda perlu melakukannya secara konsisten agar mendapatkan hasil diet sehat tanpa obat yang maksimal.


Sedang mempertimbangkan untuk mencoba diet sehat tanpa obat? Yuk mulai dengan mengubah kebiasaan makan dan rutinitas sehari-hari secara perlahan. 

Berikut cara diet sehat tanpa obat yang efektif untuk menurunkan berat badan.

Banner 9 Tanda Kepala Janin di Bawah

1. Minum lemon dan air hangat pada pagi hari

Salah satu cara diet sehat tanpa obat yang bisa Bunda tekuni adalah mengonsumsi air hangat dicampur lemon setiap pagi. Mengutip dari Times of India, awali hari dengan mengonsumsi segelas air hangat dan lemon sebelum makan apa pun. 

Hampir 75% tubuh kita mengandung air dan elektrolit. Untuk itu, cara terbaik memulai hari untuk bisa diet sehat tanpa obat dengan mengonsumsi segelas air hangat. 

Minum air hangat pada pagi hari juga akan memberikan manfaat ganda, seperti membantu mengurangi lemak perut dan kulit lebih bercahaya. Setelah minum air hangat sebagai salah satu cara diet sehat tanpa obat, tambahkan perasan lemon. 

Campur air hangat dengan lemon lalu minum setiap pagi. Manfaatnya bisa membantu membakar lemak dan mengeluarkan racun dari tubuh. 

2. Konsumsi protein

Protein memiliki efek kuat pada nafsu makan. Oleh sebab itu, penting mengonsumsi banyak protein saat diet sehat tanpa obat. Protein juga bisa meningkatkan rasa kenyang, mengurangi lapar, dan membantu Bunda makan sedikit kalori.

Protein mempengaruhi beberapa hormon yang berperan dalam rasa lapar dan kenyang, termasuk ghrelin dan GLP-1. Sebuah studi menemukan bahwa peningkatan asupan protein dari 15% menjadi 30% akan membantu peserta makan 441 kalori lebih sedikit per hari.

“Protein secara alami membantu meningkatkan rasa kenyang. Untuk hasil maksimal, usahakan 20 gram per makanan dari protein tanpa lemak seperti ayam, telur, ikan, dan produk susu rendah lemak,” papar Karen Ansel, M.S., R.D.N., selaku penulis buku ‘Healing Superfoods for Anti-Aging: Stay Younger, Live Longer’, seperti dilansir dari Prevention.

Beberapa contoh makanan kaya protein termasuk dada ayam, ikan, yogurt, telur, quinoa, dan almond. 

Ingin diet saat puasa? Hindari konsumsi minuman berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



MAKANAN YANG WAJIB DIKURANGI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!