sign up SIGN UP search


moms-life

Cara Masak Nasi Agar Pulen dengan Rice Cooker

Annisa A   |   Haibunda Selasa, 09 Aug 2022 13:35 WIB
Ilustrasi memasak nasi di rice cooker caption
Jakarta -

Nasi telah menjadi makanan pokok bagi banyak orang. Sumber utama karbohidrat ini biasa dipadukan bersama lauk-pauk dan sayuran.

Hal ini membuat kegiatan memasak nasi tak pernah luput dari aktivitas sehari-hari ya, Bunda?

Meski begitu, perbedaan merek beras serta dapat menghasilkan rasa nasi yang berbeda. Teknik memasak seperti jumlah takaran air juga dapat mempengaruhi rasa nasi.


Banner 5 Anak Terpintar di Dunia

Beras berkualitas baik akan menghasilkan tekstur nasi yang pulen. Terutama jika Bunda memberi takaran air yang tepat saat memasak dengan rice cooker.

Memasak beras dengan memakai rice cooker membutuhkan waktu lebih singkat dan proses yang praktis. Hal ini berbeda dengan cara tradisional yaitu menanak nasi.

Meski lebih mudah, Bunda perlu memperhatikan beberapa hal agar membuat nasi terasa pulen. Pertama, Bunda harus memilih beras yang berkualitas.

Bunda juga bisa meraba tekstur beras untuk memastikan butirannya utuh, tidak berlubang, tidak pecah, dan tidak ada kutu.

Sebelum memasak, cuci beras dengan baik untuk menghilangkan kotoran serta pestisida yang menempel pada btuiran beras. Tahap berikutnya adalah memasukkan beras ke dalam panci dan memberi takaran air yang tepat.

Beberapa orang memakai perbandingan 2:1 untuk beras dan nasi. Ada juga yang memasukkan air setinggi satu ruas jari atau 2 cm.

Setelah memasukkannya ke dalam rice cooker, jangan lupa pencet tombol hingga berubah ke mode memasak. Beberapa orang melupakan tahap ini dan membiarkan rice cooker menyala tanpa memasak, sehingga beras tidak matang.

Selama memasak, jangan buka tutup rice cooker agar tidak merusak proses pengukusan, ya. Bunda dapat mengaduk nasi setelah matang agar tidak lengket di panci. Setelah itu, simpan nasi di dalam rice cooker dengan mode penghangat.

Harga beras biasanya mencerminkan rasa yang dihasilkan. Namun, bukan berarti beras dengan harga miring memiliki rasa yang buruk. Bunda dapat berburu beras harga murah lewat promo Transmart, Bunda.

Transmart menghadirkan 5 merek beras berkualitas dengan harga Rp59,900. Ada pilihan dari merek Losari Beras Crystal New, Topi Koki Setra Ramos, Topi Koki SLYP Kuning, Hoki Beras, dan Rumah Limas Beras.

Untuk Bunda yang menggunakan Allo Bank, ada diskon spesial menjadi Rp53,910 untuk Losari Beras Crystal New, Topi Koki Setra Ramos, dan Topi Koki SLYP Kuning. Kemudian ada harga Rp57,510 untuk merek Hoki Beras dan Rumah Limas Beras.

Harga promo ini berlaku untuk periode 1-31 Agustus 2022, Bunda. Jadi tunggu apalagi, download Allo Bank di sini dan nikmati berbagai keuntungan berbelanja di Transmart dengan memakai Allo Bank.

Simak juga video tentang video tips memasak nasi di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(anm/som)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!