moms-life

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Masak Nasi Pakai Rice Cooker

Melly Febrida Kamis, 15 Aug 2019 17:00 WIB
Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Masak Nasi Pakai Rice Cooker
Jakarta - Zaman sekarang umum orang memasak beras dengan rice cooker. Tapi, tak ada jaminan memasak dengan rice cooker akan membuat nasi matang sempurna, tidak terlalu keras, maupun terlalu lembek

Kira-kira berapa lama ya menanak nasi dalam rice cooker? Semua itu tergantung jenis berasnya, Bun. Beda jenis beras akan butuh waktu dan jumlah air berbeda agar beras masak sempurna menjadi nasi.

Tony Nogales, dekan di The Culinary Institute of America, mengatakan beras ada yang bulirnya panjang dan pendek. Ini yang menyebabkan perbedaan waktu saat dimasak. Biasanya, memasak nasi dalam jumlah besar di rice cooker butuh waktu 25 - 35 menit.


"Nasi dengan butir panjang cocok untuk direbus atau dengan pilaf. Pilaf merupakan teknik pewarnaan beras dengan menggunakan minyak atau mentega agar lebih coklat sebelum memasaknya dengan air," tuturnya.

Sedangkan, untuk beras butir pendek paling baik dikukus atau dimasak dalam penanak nasi listrik alias rice cooker. Namun, Nogales mengingatkan, memasak beras dengan metode apa pun tetap selalu mulai dengan membilas nasi kemudian saring.

"Cara terbaik untuk memasak nasi putih atau cokelat berbutir pendek adalah dengan rice cooker," kata Nogales, mengutip Today Food.

Sebelum memasak nasi di rice cooker, bilas beras lebih dulu untuk menghilangkan pestisida atau bahan kimia yang mungkin tertinggal pada beras juga patinya, demikian mengutip Webstaurant Store. Namun, tak ada salahnya melihat kemasan beras sebelum membilasnya berkali-kali sebelum dimasak.

Sebab, beberapa jenis beras diperkaya vitamin dan mineral, yang akan larut jika beras dicuci terlalu lama. Nah, setelah nasi selesai dimasak, diamkan setidaknya 15 menit dalam mode keep warm sebelum disajikan. Dengan begini, uap air yang berlebih akan menguap hingga memungkinkan beras menyerap air sepenuhnya.

Bunda juga perlu tahu empat kesalahan yang sering dilakukan saat memasak nasi di rice cooker.

Ilustrasi masak nasi pakai rice cookerIlustrasi masak nasi pakai rice cooker/ Foto: iStock
1. Pakai panci aluminium yang tipis akan membuat nasi mudah gosong.

2. Tidak mencuci beras karena yang mengklaim mencuci beras bisa menghilangkan nutrisi dan vitamin pada nasi. Padahal, beras justru mengandung banyak debu dan kotoran.

3. Tidak menambahkan cukup air.

4. Menambahkan garam yang justru akan bikin nasi lebih cepat lunak dan hancur.


Bunda, benar enggak ya nasi merah dan cabai bisa bikin langsing? Simak di video ini yuk.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi