sign up SIGN UP search


moms-life

Cara Memasak Nasi Dalam Jumlah Banyak yang Pulen dan Tidak Gampang Basi

Mutiara Putri   |   Haibunda Senin, 08 Mar 2021 17:36 WIB
White rice in bowl caption
Jakarta -

Setiap orang pasti memiliki selesai yang berbeda tentang makanan yang disukai ya, Bunda. Hal ini juga berlaku untuk pemilihan beras yang kemudian diolah menjadi nasi, Bunda.

Banyak pilihan beras yang beredar di pasaran ya, Bunda. Misalnya saja beras pera dan pulen.

Beras pera memiliki kandungan amilosa lebih dari 25 persen. Sehingga ketika dimasak, nasi akan menjadi lebih keras. Sementara beras pulen, mengandung 20 persen amilopektin. Maka hasilnya, nasi akan menjadi lebih empuk dan agak lengket.


Nah, buat Bunda yang lebih menyukai nasi empuk dari beras pulen, ada cara yang bisa diikuti supaya hasilnya lebih enak dan tidak gampang basi. Terutama jika Bunda memasak dalam jumlah besar untuk usaha kuliner.

Banner Resep Menu Makanan

Cara memasak ini sempat viral di TikTok, Bunda. Selengkapnya, berikut ini cara memasak agar nasi pulen dan tidak mudah basi, dikutip dari akun TikTok @wilma_kir.

1. Siapkan wajan

Ada sedikit persiapan yang harus Bunda lakukan saat ingin memasak nasi pulen yang tidak mudah basi, nih. Bunda harus memasaknya terlebih dahulu di wajan berukuran besar.

Taruh wajan berukuran besar di atas kompor, kemudian masukkan sekitar 4 liter air ke dalamnya. Masak hingga air mulai panas.

2. Tambahkan minyak

Jika air sudah mulai panas, Bunda bisa tuangkan sekitar 100 gram minyak goreng atau minyak sayur ke dalam air. Aduk hingga minyak tercampur secara menyeluruh.

Sambil menunggu, cuci 5 kg beras yang ingin dimasak ya, Bunda. Setelah beras dicuci, sisihkan air yang digunakan untuk mencuci beras, sehingga tidak ada yang ikut masuk ke dalam wajan.

Untuk cara memasak selanjutnya, klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Simak juga video cara menyimpan ikan agar tahan lama:

[Gambas:Video Haibunda]

CARA MEMASAK NASI PULEN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!