sign up SIGN UP search


moms-life

Duh! Muncul Subvarian Omicron Baru BA.4.6, Apakah Lebih Berbahaya?

Tim HaiBunda   |   Haibunda Selasa, 09 Aug 2022 15:20 WIB
Doctor with a positive blood sample for new variant detected of the coronavirus strain called covid Omicron. Research of new african strains and mutations of the Covid 19 coronavirus in the laboratory caption
Jakarta -

Di tengah COVID-19 Subvarian Omicron BA.5 yang masih melanda dunia, kini muncul subvarian Omicron BA.4.6, Bunda. Subvarian tersebut saat ini masih dalam pengawasan.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), subvarian Omicron BA.4.6 termasuk Varian of Concern (VoC) yang berpotensi memicu penularan lebih besar, penurunan efektivitas pengobatan, hingga peningkatan keparahan atau penurunan netralisasi antibodi.

Subvarian Omicron BA.4.6 diketahui penyumbang kasus COVID-19 di Amerika Serikat sekitar 4,1 persen pada akhir pekan 30 Juli lalu.


Fakta subvarian Omicron BA.4.6

Berikut fakta-fakta subvarian Omicron BA.4.6.

Tersebar di mana?

Selain Amerika, subvarian Omicron ini juga sudah terdeteksi di sejumlah wilayah, seperti Lowa, Kansas, Missouri, Nebraska, hingga menyebar di 43 negara lainnya.

Gejala subvarian Omicron BA.4.6

Dikutip dari Deseret News, subvarian Omicron memiliki masa inkubasi yang lebih pendek, sehingga gejala yang muncul lebih cepat dibandingkan varian lainnya. Adapun gejala Omicron yang paling umum, yaitu:

  • Batuk
  • Kelelahan
  • Hidung tersumbat
  • Pilek
  • Sakit tenggorokan

"Gejala terburuk adalah tenggorokan terbakar," kata Dr Peter Chin-Hong dari UCSF.

Lebih berbahaya?

Direktur Scripps Research Translational Institute, Eric Topol, menyatakan bahwa mutasi BA.4.6 tampaknya tidak mengkhawatirkan dibandingkan dengan subvarian BA.4 dan BA.5.

"Satu-satunya varian lain yang meningkat (level rendah) adalah BA.4.6. Peta mutasinya (lonjakan di bawah) tampaknya tidak mengkhawatirkan seperti dengan BA.4/5," tulis Eric melalui akun Twitternya.

Sampai saat ini masih belum banyak informasi yang menunjukkan apakah BA.4.6 lebih berbahaya dibandingkan subvarian lainnya.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

(som/som)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!