sign up SIGN UP search


moms-life

5 Kebiasaan untuk Mengurangi Asam Urat, Lakukan Secara Rutin Bun

Annisa A   |   Haibunda Jumat, 19 Aug 2022 13:15 WIB
Woman's leg hurts, pain in the foot, massage of female feet at home caption
Jakarta -

Asam urat menjadi salah satu penyakit yang kerap menghantui orang dewasa. Penyakit ini dapat menyebabkan rasa nyeri, panas, hingga pembengkakan di sekitar persendian.

Serangan penyakit asam urat dapat terjadi secara tiba-tiba. Kondisi tersebut diakibatkan oleh sendi yang terinfeksi karena tubuh memiliki kadar asam urat yang tinggi.

Asam urat atau gout dapat menyerang area sendi di seluruh tubuh, mulai dari pergelangan kaki, jari kaki, lutut, siku, hingga pergelangan tangan, Bunda.


Tubuh seharusnya mengeluarkan kadar asam urat melalui urine. Namun kondisi tertentu dapat menyebabkan asam urat menumpuk di dalam tubuh sehingga menyebabkan rasa sakit pada area persendian.

Asam urat yang kambuh bisa diatasi dengan menggunakan obat. Namun obat saja tidak bisa menyembuhkan asam urat secara permanen. Bunda juga harus menjaga pola hidup untuk mengurangi risiko penyakit asam urat.

Berikut ini sejumlah cara mengurangi kadar asam urat dalam tubuh:

1. Memperbanyak air putih

Air putih merupakan sumber asupan yang sangat penting bagi tubuh. Bunda harus menjaga asupan air putih setiap hari untuk membantu kinerja ginjal.

Ginjal yang sehat akan mengeluarkan asam urat secara optimal. Jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi dan membuat kesehatan ginjal menurun. Asupan cairan yang direkomendasikan bisa bervariasi tergantung pada usia, berat badan, jenis kelamin, dan faktor lainnya.

2. Hindari makanan pemicu asam urat

Asam urat bisa didapatkan dari beberapa makanan yang memiliki kadar tinggi. Sejumlah makanan dapat memicu serangan asam urat, Bunda.

Beberapa makanan yang perlu dikonsumsi dengan bijak karena dapat menyebabkan asam urat tinggi yaitu makanan laut, daging merah, jeroan, susu tinggi lemak, hingga minuman manis dan alkohol.

3. Menjaga berat badan tubuh

Berat badan dapat menjadi tolak ukur kesehatan seseorang. Berat badan yang berlebih dapat memicu berbagai macam penyakit, salah satunya asam urat.

Untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh, Bunda harus menjaga berat badan agar tetap ideal. Turunkan berat badan secara bertahap untuk mengurangi kadar asam urat. Lakukan dengan cara pola makan sehat, diet, hingga berolahaga.

LANJUTKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video tentang berbagai macam penyakit yang dapat dipicu oleh kipas angin:

[Gambas:Video Haibunda]



(anm/som)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!