sign up SIGN UP search

moms-life

Diet untuk Turunkan Asam Urat, Bisa Coba Nanas hingga Susu Skim

Nadiyah S.Gz, M.Si, C.Ht, CSRS   |   Haibunda Rabu, 15 Dec 2021 14:31 WIB
Tanda asam urat caption
Jakarta -

Saat tubuh terasa ngilu dan susah digerakkan, banyak orang berpikir terkena asam urat. Makanan pun menjadi 'biang kerok' yang kerap dianggap menjadi penyebab utamanya. Benarkah demikian?

Asam urat merupakan hasil akhir dari metabolisme purin, Bunda. Purin adalah turunan asam amino (protein) dan merupakan salah satu komponen pembentuk asam deoksiribonukleat /DNA (guanosin dan adenosin). Purin terdapat dalam tubuh kita dan dijumpai pada semua makanan dari sel hidup, yakni tanaman dan juga hewan.

Sedangkan asam urat berbentuk kristal tajam. Saat terjadi peningkatan kadar asam urat, akan mengakibatkan pada tubuh seperti linu di daerah persendian dan sering disertai dengan timbulnya rasa nyeri yang teramat sangat bagi penderita.


Nah, penyakit inilah yang disebut gout artritis atau lebih dikenal dengan penyakit asam urat. Gout artritis merupakan salah jenis penyakit radang sendi (artritis). Sedangkan jenis radang sendi ini terbagi lebih dari 50 jenis artritis, Bunda.

Gout artritis menjadi salah satu radang sendi yang paling banyak dialami orang-orang. Ini adalah suatu penyakit artritis yang disebabkan oleh metabolisme abnormal purin. Penyakit ini ditandai dengan gejala khas yaitu meningkatnya kadar asam urat dalam darah (hiperurisemia).

Kadar normal asam urat pada laki-laki 3,4-7,0 mg/dl dan wanita 2,4 -5,7 mg/dl. Sedangkan untuk yang berusia lanjut, kadar tersebut sedikit lebih tinggi, Bunda.

Cara membedakan asam urat dengan radang sendi lainnya

Nyeri dan ngilu pada asam urat, seringkali disalahartikan sebagai encok dan reumatik. Pada faktanya, asam urat berbeda dengan gangguan tulang dan sendi pada umumnya.

Pada kondisi asam urat, ngilu lebih sering terjadi pada ibu jari kaki, siku, lutut, pergelangan tangan atau kaki, dan bahu.

Padahal, asam urat sebenarnya mudah dibedakan dengan penyakit artritis lainnya lho, yaitu dengan mengetahui penyebabnya.

Gejala asam urat

Berikut beberapa gejala asam urat yang mudah dikenali:

  1. Gangguan ngilu ditandai dengan serangan berulang dari peradangan sendi yang akut, kadang-kadang disertai dengan pembengkakan akibat penumpukan kristal yang disebut tophi.
  2. Serangan asam urat umumnya terjadi secara tiba-tiba (acute attack) tanpa ada gejala sebelumnya dan dimulai pada malam hari.
  3. Pada orang yang berisiko, tingginya kadar asam urat dalam darah akan mengendap di sendi sebagai kristal monosodium urat berbentuk jarum. Kristal tersebut dianggap sebagai benda asing oleh tubuh, sehingga sistem imun Ig G memanggil pasukan sel darah putih untuk melawan benda asing tersebut.

Akibatnya terjadi penggumpalan pada kristal yang merupakan bengkak yang mengganjal/mencederai sendi. Inilah yang menyebabkan rasa nyeri. Tingginya asam urat juga dapat menyebabkan pengendapan di ginjal sehingga dapat mengakibatkan batu ginjal.

Penyebab asam urat

Asam urat sendiri adalah hasil dari metabolisme normal dari pencernaan protein (terutama daging, hati, ginjal dan beberapa jenis sayuran seperti kacang dan buncis). Selain itu, asam urat juga terjadi dari penguraian senyawa purin dalam tubuh yang seharusnya dibuang melalui ginjal. Namun, pada kondisi dehidrasi ataupun ginjal kurang baik, akan terjadi gangguan pada proses pembuangan asam urat.

Serangan asam urat yang berakibat pada peradangan sendi, dapat juga dicetuskan oleh banyak makan makanan yang tinggi senyawa purin seperti jeroan, alkohol, stress, atau cedera ringan akibat memakai sepatu yang tidak sesuai dengan ukuran kaki.

Faktor risiko asam urat

Faktor risiko radang sendi asam urat di antaranya adalah:

  1. Genetik/riwayat keluarga
  2. Sering konsumsi makanan tinggi purin
  3. Sering konsumsi alkohol
  4. 0besitas
  5. Hipertensi
  6. Penyakit jantung
  7. Mengonsumsi obat-obatan tertentu
  8. Gangguan fungsi ginjal
  9. Kondisi preeklampsia pada kehamilan.

Simak makanan yang dilarang dan diet yang dianjurkan untuk penderita asam urat di halaman selanjutnya!

Nah, simak juga yuk cara menghitung kadar kolesterol dalam jerohan yang juga berbahaya bagi penderita asam urat dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



MAKANAN YANG DILARANG UNTUK PENDERITA ASAM URAT, JEROAN HINGGA KANGKUNG
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!