sign up SIGN UP search


moms-life

Daya Listrik Masyarakat Miskin 450 VA akan Dinaikkan Jadi 900 VA, Ini Alasannya Bun

Amira Salsabila   |   Haibunda Selasa, 13 Sep 2022 12:07 WIB
Ilustrasi meteran listrik atau token listrik caption
Jakarta -

Pemerintah bersama dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI sepakat, menaikkan daya untuk pelanggan listrik yang mendapatkan bantuan subsidi dari pemerintah, Bunda. Daya listrik masyarakat miskin yang sebelumnya 450 VA, kini dinaikkan menjadi 900 VA.

Tak hanya itu saja, daya listrik dari 900 VA juga dinaikkan menjadi 1.200 VA, lho. Hal ini diumumkan saat rapat Panja dengan Kementerian Keuangan tentang RUU APBN 2023.

“Kita sepakat dengan pemerintah untuk 450 VA menjadi 900 VA, dan 900 VA menjadi 1.200 VA,” kata Said Abdullah, Ketua Banggar, pada Senin (12/9/2022).


Sesuai dengan Pasal 2 ayat 1 Peraturan Menteri ESDM Nomor 29 Tahun 2016, subsidi tarif listrik untuk rumah tangga dilaksanakan melalui PLN dan diberikan kepada pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA dan 900 VA masyarakat prasejahtera yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Sementara itu, tujuan dari penghapusan daya listrik 450 VA, dan jatah listrik orang miskin ditambah menjadi minimal 900 VA, yakni agar permintaan listrik naik dan oversupply bisa berkurang.

“Bagi orang miskin, rentan miskin ke bawah garis kemiskinan, tidak boleh lagi ada 450 VA. Kita naikkan saja kebijakannya bahwa untuk yang di bawah garis kemiskinan dan rentan minimal 900 VA,” kata Said.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk, download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video pertolongan pertama saat terkena sengatan listrik yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(asa/som)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!