sign up SIGN UP search


moms-life

Tarif Listrik Naik per 1 Juli, Ini 6 Tips Hemat Listrik Agar Tagihan Tak Membengkak

Mutiara Putri   |   Haibunda Senin, 13 Jun 2022 13:25 WIB
Closeup people using remote control adjust room temperature in home office pointing to Air conditioner in hot summer season. caption
Jakarta -

Kabar buruk datang dari Kementerian ESDM nih, Bunda. Pemerintah menyatakan tarif listrik akan segera naik per tanggal 1 Juli 2022 mendatang.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana. Rencananya, kenaikan listrik ini berlaku untuk pelanggan pengguna listrik 3.500 VA ke atas.

Sementara itu, Menteri Keuangan, Sri Mulyani, mengatakan kenaikan listrik ini sudah disetujui oleh Presiden Joko Widodo dan kabinet, Bunda.


"Bapak Presiden dan kabinet sudah menyetujui untuk berbagi beban, untuk kelompok rumah tangga yang mampu, yaitu direpresentasikan oleh mereka yang langganan listriknya di atas 3.000 VA, boleh ada kenaikan tarif listrik, hanya di segmen itu ke atas," katanya dikutip laman CNN.

Kenaikan listrik ini memang tidak bisa dihindari, Bunda. Namun, Bunda bisa meringankan beban pembayaran listrik setiap bulannya dengan menghemat listrik. Cara menghemat listrik ini bisa beragam caranya, lho.

Banner Risiko Hamil di Usia 35 Tahun

Tips hemat listrik saat tarif naik

Bunda juga ingin coba menghemat listrik agar tagihan akhir bulan enggak membengkak? Jangan khawatir, ya. Berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya dari berbagai sumber.

1. Mandi maksimal 5 menit

Mengutip dari laman Wales Online, menghemat waktu mandi bisa menjadi salah satu langkah untuk menghemat listrik, nih. Terlebih kalau Bunda menggunakan pemanas air.

Batasi juga durasi mandi agar lebih singkat. Jika dilakukan dengan konsisten dalam waktu yang cukup panjang, pasti akan terlihat penghematannya. Namun, pastikan Bunda tetap mandi dengan bersih, ya.

2. Tutupi unit AC

Unit AC biasanya diletakkan di luar ruangan atau di luar rumah, Bunda. Agar lebih hemat, ada baiknya letakkan unit AC di tempat teduh.

Dilihat dari Apartment Therapy, jangan sampai unit AC terjemur di bawah sinar matahari. Kalau berada di bawah sinar matahari, Bunda bisa gunakan tenda atau penutup lainnya untuk melindungi unit AC agar tidak terlalu panas.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa simak juga video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



MATIKAN AC SAAT KELUAR RUMAH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!