sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Seks untuk Pasutri yang Sudah Lama Menikah Agar Hubunganya Tetap Intim

Arina Yulistara   |   Haibunda Sabtu, 17 Sep 2022 22:30 WIB
ilustrasi seks/pasangan suami istri Foto: Getty Images/Edwin Tan

Menjaga hubungan suami istri tetap hangat memang merupakan tantangan sendiri dalam pernikahan. Beberapa bahkan kehilangan keintiman seiring berjalannya waktu, salah satu penyebabnya yakni karena seks sudah kian jadi rutinitas hingga tak ada lagi gairah.

Dilansir dari ABC News, penelitian telah menemukan 54% pria dan 42% wanita Australia dalam hubungan heteroseksual tidak bahagia dengan frekuensi seks mereka, sebagian besar karena menginginkan lebih. Belum lagi rutinitas yang sama setiap hari membuat kehidupan seks terasa membosankan. 

Dengan meningkatkan kehidupan seks maka juga bisa mempengaruhi kepuasan pernikahan. Bahkan pengaruhnya bisa memperbaiki masalah kesehatan lho, Bunda.


“Seks termasuk aktivitas aerobik yang berarti dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda. Satu kali berhubungan intim yang energik bisa membakar 180 kalori, setara dengan 20 menit jogging ringan atau bermain golf,” jelas Rachel Needle, PsyD, psikolog klinis dan terapis seks yang berbasis di West Palm Beach, Florida, mengutip Everyday Health.

Rachel menambahkan, seks mampu melepaskan endorfin, bahan kimia ‘rasa senang’ dari otak yang bisa menurunkan tingkat depresi serta kecemasan.

Untuk itu, melakukan hubungan intim yang teratur dengan suami bisa meningkatkan kualitas tidur, semakin mesra, panjang umur, hingga melindungi fungsi otak.

Cara menjaga seks tetap menggairahkan meski sudah lama menikah

1. Selalu sesuatu yang baru

Seiring berjalannya waktu, sebagian besar pasutri berhubungan seks secara monoton. Untuk mengubahnya, cobalah sesuatu yang baru. 

“Mulailah dengan sesuatu yang sederhana seperti posisi berbeda atau menambahkan penutup mata untuk mengubah pengalaman sensorik Bunda,” saran Ellen Barnard, MSSW, seorang pendidik dan konselor seks di Madison, Wisconsin.

Bunda juga bisa berkenalan dengan mainan seks, memainkan peran, dandan lebih seksi, atau bercinta di tempat berbeda.

2. Foreplay lebih lama

“Di awal hubungan, pasangan menikmati ciuman yang dalam dan seksi, mereka saling menyentuh dengan cara yang membangkitkan gairah. Namun ketika suatu hubungan menjadi dewasa, perilaku mesra itu berkurang dan cenderung langsung ke inti,” kata Rachel.

Cobalah kembali ke masa awal hubungan yang mesra dengan saling cium, peluk, seperti yang Bunda lakukan saat pertama kali menjalin kasih. Melakukan foreplay lebih lama akan membantu menjaga pernikahan Bunda tetap hidup secara seksual.

Lanjut baca halaman berikutnya untuk tips lainnya, yuk.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

BERKENCAN DAN BERBAGI FANTASI SEKS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!