sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tanda Wajah Tidak Cocok dengan Skincare, Timbul Jerawat hingga Milia

Amira Salsabila   |   Haibunda Minggu, 18 Sep 2022 06:30 WIB
unhappy Asian woman age 40 checking her dark eyes circle problem in mirror Tanda wajah tidak cocok dengan skincare/Foto: Getty Images/iStockphoto/Doucefleur
Jakarta -

Melakukan perawatan kulit secara rutin adalah salah satu aktivitas yang perlu dilakukan setiap orang untuk menjaga kesehatan kulit. Namun, bagaimana jika skincare yang digunakan tidak cocok pada wajah?

Ketika baru pertama kali mencoba menggunakan sebuah produk skincare, tidak sedikit orang yang mengeluh karena wajahnya semakin parah atau mengalami iritasi. Hal ini bisa terjadi karena produk tersebut tidak cocok dengan jenis kulit Bunda.

Lalu, bagaimana cara mengetahui bahwa produk skincare tidak cocok pada wajah Bunda? Apakah ada tanda-tanda perubahannya? Ketika menggunakan skincare yang tidak cocok dengan kulit, tentu ada perubahannya, ya, Bunda.


Nah, Bunda penasaran apa saja tanda wajah tidak cocok dengan skincare? Yuk, simak artikel lengkapnya berikut ini, ya, Bunda.

5 Tanda wajah tidak cocok dengan skincare

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah lima tanda wajah Bunda tidak cocok menggunakan produk skincare yang sedang Bunda pakai.

1. Timbul banyak jerawat

Ketika menggunakan skincare yang tidak cocok dengan jenis kulit, mungkin Bunda akan menemukan banyak jerawat yang timbul pada wajah Bunda. Ini adalah salah satu masalah yang paling umum ketika tidak cocok dengan produk skincare.

Biasanya, kulit membutuhkan waktu dua hingga tiga minggu untuk beradaptasi dengan produk baru, sehingga menimbulkan jerawat kecil yang hanya bertahan beberapa waktu dan menghilang dengan sendirinya.

Namun, jika jerawat itu semakin banyak hingga parah, artinya Bunda perlu mengganti produk skincare tersebut dengan skincare yang lebih cocok untuk jenis kulit Bunda. Bunda bisa mencari yang bahan-bahan non-komedogenik atau memiliki formulasi minyak dalam air yang lebih ringan.

2. Kulit menjadi terlalu kering

Kulit menjadi terlalu kering juga merupakan salah satu tanda bahwa skincare yang dipakai tidak cocok dengan jenis kulit Bunda. Bunda, bahan-bahan tertentu dapat menyebabkan kulit menjadi terlalu kering.

Sebaiknya, Bunda perlu menghindari atau menghentikan produk skincare yang mengandung bahan-bahan, seperti retinoid, benzoil peroksida, alkohol, dan asam salisilat.

3. Berubah menjadi kemerahan

Melansir dari laman WebMD, ini adalah reaksi kulit yang paling umum terhadap produk kecantikan. Ini dapat menyebabkan rasa terbakar, perih, gatal, dan kemerahan di area tempat Bunda mengoleskan produk tersebut.

Jika kulit terasa kering atau terluka, itu berarti kulit Bunda kehilangan sebagian perlindungan alaminya terhadap iritasi. Ini artinya wajah Bunda tidak cocok dengan produk skincare yang sedang Bunda gunakan.

Lanjut baca halaman berikutnya untuk mengetahui tanda wajah yang tidak cocok dengan skincare, yuk, Bunda.

Bunda, yuk, download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video 3 tips kulit glowing dengan cara yang ramah di kantor yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

TERLALU BERINYAK HINGGA MUNCUL MILIA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!