sign up SIGN UP search

moms-life

Cara Eksfoliasi Wajah: Ketahui Manfaat dan Tips Memilih Produk Sesuai Jenis Kulit

Amira Salsabila   |   Haibunda Senin, 26 Sep 2022 06:30 WIB
Beautiful woman having a facial cosmetic scrub treatment from professional dermatologist at wellness spa. Anti-aging, facial skin care and luxury lifestyle concept. caption
Jakarta -

Eksfoliasi atau yang disebut juga pengelupasan kulit adalah proses menggosok sel-sel mati yang berkumpul di lapisan paling atas kulit Bunda. Sel-sel ini akan jatuh secara alami setelah beberapa saat. Dengan melakukan perawatan kulit yang satu ini, dapat membersihkan dan memperbaiki penampilan kulit Bunda.

Melansir laman WebMD, kulit adalah organ kompleks dengan banyak lapisan. Lapisan terluar membentuk epidermis, bagian kulit yang dapat dilihat. Lapisan paling atas dari epidermis disebut stratum korneum. Ini terdiri dari 10 sampai 30 lapisan sel kulit mati.

Sel-sel ini terus-menerus meluncur dan diganti dengan yang baru. Siklus lengkap pergantian sel ini membutuhkan waktu sekitar 28 hari pada orang yang lebih muda, lho, Bunda. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, proses turnover melambat, dan dibutuhkan sekitar 45 hari untuk mendapatkan hasilnya.


Banner Risiko Membawa Tas Berat

Dalam melakukan perawatan kulit yang satu ini, Bunda perlu tahu bagaimana memilih produk eksfoliasi yang tepat sesuai dengan jenis kulit Bunda. Untuk membantu Bunda menemukan produk eksfoliasi yang cocok, yuk, simak berikut ini.

Mengapa perlu melakukan eksfoliasi pada kulit?

Eksfoliasi adalah setiap proses untuk menghilangkan lapisan atas sel-sel kulit sebelum mereka lepas secara alami. Beberapa orang menemukan bahwa lapisan atas kulit akan terlihat sangat kusam atau kering. Oleh karena itu, Bunda perlu melakukan eksfoliasi dan meningkatkan penampilan kulit yang lebih baik.

“Jika kita tidak menghilangkan sel-sel kulit mati, kulit kita bisa tampak kusam dan pada waktunya, pori-pori kita bisa tersumbat, yang sering menyebabkan munculnya jerawat atau kulit berminyak,” kata Rachael Burns, konsultan dermatologis untuk Sond,dikutip dari laman Byride.

Sementara itu, eksfoliasi juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kulit Bunda, mulai dari memberikan cahaya segar, membantu kulit terlihat lebih baik, dan tentunya meningkatkan kesehatan kulit.

Manfaat eksfoliasi kulit wajah

Setiap perawatan kulit yang Bunda lakukan tentunya memberikan manfaat untuk kesehatan kulit Bunda. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa manfaat bila Bunda melakukan eksfoliasi kulit.

1. Membersihkan pori-pori

Penumpukan kulit mati adalah akses mudah bagi pori-pori untuk tersumbat. Hal ini karena sel-sel kulit mati menghalangi segalanya, pori-pori tidak mendapatkan kesempatan untuk bernapas dan mengeluarkan zat-zat seperti minyak.

Pori-pori tersumbat ini bisa menjadi komedo, bintik-bintik putih, dan jerawat. Dengan melakukan eksfoliasi pada kulit secara teratur, Bunda dapat membersihkan pori-pori.

2. Mengurangi garis-garis halus pada wajah

Tidak melakukan eksfoliasi bisa membuat kulit Bunda tampak menua. Hal ini karena kulit mati dapat menyebabkan warna kulit terlihat kusam, tidak rata, dan mempertajam kerutan serta garis halus pada wajah.

Eksfoliasi adalah salah satu cara yang tepat untuk menghilangkan beberapa masalah tersebut. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik dalam waktu yang cepat, Bunda bisa menggunakan eksfoliasi kimia dengan kandungan yang tepat juga.

A happy beautiful woman applying moisturizing cream on face, skin care and treatment conceptIlustrasi manfaat eksfoliasi kulit wajah/Foto: Getty Images/iStockphoto/tonefotografia

3. Meningkatkan sirkulasi darah

Eksfoliasi tidak hanya bisa memperbaiki penampilan kulit, tetapi juga bisa meningkatkan sirkulasi darah Bunda. Dengan menggosok kulit secara luas dan dengan gerakan melingkar, dapat merangsang kulit dan memungkinkan sirkulasi yang lebih baik.

4. Membuat kulit lebih halus

Ketidakrataan kulit disebabkan oleh kulit mati ekstra, sehingga pengelupasan dapat menyambut kulit baru Bunda ke permukaan, memungkinkan kulit tampak lebih bercahaya dan halus.

5. Meningkatkan penyerapan

Setelah sel-sel kulit mati hilang, kulit baru dapat menyerap produk skincare dengan lebih baik. Pelembap hebat yang Bunda gunakan setelah eksfoliasi adalah minyak kelapa. Hal ini karena minyak kelapa dapat membantu menenangkan kulit yang iritasi.

Begitu banyak manfaat yang diberikan oleh perawatan kulit yang satu ini. Bunda bisa melakukan eksfoliasi dengan dua cara, yakni cara alami dan menggunakan produk skincare dengan kandungan kimia.

Cara alami eksfoliasi kulit wajah

Bunda bisa melakukan eksfoliasi dengan beberapa cara alami menggunakan bahan-bahan yang ramah dapur. Berikut adalah beberapa cara alami yang dapat Bunda lakukan untuk menyingkirkan kulit mati.

1. Gula

Melansir dari laman Medical News Today, tekstur kasar dan bentuk butiran gula membuatnya menjadi exfoliant fisik yang cocok. Dengan mengoleskan scrub gula ke kulit dan menggunakan gerakan melingkar, Bunda dapat menyingkirkan kulit mati.

2. Lulur oatmeal

Lulur oatmeal ini dapat membantu melembutkan kulit berkat senyawa beta-glukan yang menenangkan kulit. Lulur ini sangat bagus untuk digunakan di kamar mandi atau setelah mandi air hangat. Hal ini karena terbukti sangat efektif untuk melembutkan kulit Bunda.

3. Yoghurt

homemade organic coconut greek yogurt in wooden bowlIlustrasi Tips Memilih Produk Eksfoliasi Sesuai Jenis Kulit/ Foto: Getty Images/iStockphoto/ThitareeSarmkasat

Yoghurt mengandung asam laktat, asam alfa-hidroksi yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan baru. Pengelupasan dengan asam laktat dapat membantu memberikan warna kulit yang lebih merata.

Untuk eksfoliasi dengan yoghurt, oleskan satu sendok makan yogurt tawar ke wajah Bunda dengan jari menggunakan gerakan melingkar atau dengan kuas. Diamkan selama kurang lebih 20 menit dan bilas dengan air.

4. Jus lemon

Sebagai sumber asam sitrat, asam alfa-hidroksi lain, jus lemon juga merupakan pengelupasan kimia alami. Selain dapat membantu melepaskan sel-sel kulit mati, ini dapat membantu kulit Bunda tampak cerah dan bertekstur kenyal.

5. Pepaya

Enzim papain inilah yang dapat membantu pepaya menjadi exfoliant yang efektif. Papain dapat melarutkan keratin dalam sel kulit mati untuk menghaluskan wajah Bunda. Selain itu, pepaya juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan elastisitas kulit.

Jika lebih memilih eksfoliasi kulit dengan produk skincare, tentunya Bunda juga perlu tahu terlebih dahulu apa saja kandungannya yang tepat. Simak berikut ini, ya, Bunda.

Kandungan produk eksfoliasi

Beberapa kandungan sangat penting ada dalam produk skincare yang satu ini. Untuk membantu Bunda mencari tahu kandungan kimia apa saja yang perlu ada dalam produk eksfoliasi, simak berikut ini.

1. Asam alfa hidroksi (AHA)

Melansir laman Healthline, AHA adalah sekelompok asam yang larut dalam air yang biasanya berasal dari buah-buahan manis. Kandungan produk skincare yang satu ini dapat membantu pengelupasan permukaan kulit, sehingga sel-sel kulit yang berpigmen lebih merata.

2. Asam beta hidroksi (BHA)

Di sisi lain, BHA larut dalam minyak. Asam ini masuk jauh ke dalam folikel rambut Bunda untuk mengeringkan kelebihan minyak dan sel-sel kulit mati untuk membuka pori-pori Bunda. Karenanya, produk BHA digunakan untuk mengobati jerawat dan kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Asam salisilat adalah BHA yang paling umum. Ini dikenal sebagai pengobatan jerawat, tetapi juga dapat membantu menenangkan kemerahan dan peradangan umum pada kulit.

3. Retinoid

Retinoid adalah kelas obat yang berasal dari vitamin A. mereka digunakan untuk menenangkan kulit yang rusak akibat sinar matahari, meminimalkan tanda-tanda penuaan, dan mengobati jerawat. Kandungan ini bekerja dengan melindungi kulit dari radikal bebas dan meningkatkan produksi kolagen.

ilustrasi skincareilustrasi skincare/Foto: Getty Images/iStockphoto/byryo

Tips memilih produk eksfoliasi sesuai dengan jenis kulit Bunda

Untuk memilih produk skincare yang satu ini, Bunda juga perlu menyesuaikan kandungannya dengan jenis kulit Bunda. Hal ini guna mencegah timbulnya masalah kulit yang baru. Yuk, simak berikut ini, ya, Bunda.

1. Kulit kering

Eksfoliasi penting untuk kulit kering atau bersisik. Hindari pengelupasan mekanis pada kulit kering karena prosesnya mengering dan dapat menyebabkan microtears. Untuk kulit kering, Bunda bisa memilih produk eksfoliasi dengan kandungan AHA.

Asam glikolat dapat membantu menghilangkan sel-sel mati yang menempel di permukaan kulit dan mendorong pergantian kulit yang sehat. Lanjutkan juga dengan menggunakan SPF dan pelembap setelah menggunakan asam glikolat. Itu bisa membuat kulit lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari.

2. Kulit sensitif

Hindari menggosok atau menggunakan metode pengelupasan kulit secara mekanis. Ini akan mengiritasi kulit dan dapat menyebabkan kemerahan. Bunda bisa menggunakan exfoliator kimia ringan dan aplikasikan menggunakan waslap dengan lembut. Untuk jerawat, Bunda juga dapat memilih asam salisilat sesuai dengan anjuran dokter kulit Bunda.

3. Kulit berminyak

Kulit berminyak dapat memperoleh manfaat dari pengelupasan. Kulit berminyak mungkin memiliki lapisan tambahan di permukaan yang dapat dihilangkan dengan pengelupasan manual atau secara fisik. Gunakan eksfoliator atau scrub dengan lembut dan gerakan melingkar untuk hasil terbaik.

4. Kulit normal

Jika kulit tidak mengalami komplikasi, Bunda dapat memilih metode pengelupasan kulit apa pun. Pengelupasan kulit manual dan kimiawi sama-sama aman untuk jenis kulit yang satu ini.

5. Kulit kombinasi

Kulit kombinasi mungkin membutuhkan campuran pengelupasan mekanis dan kimiawi. Namun, Bunda perlu menghindari untuk menggunakan keduanya di hari yang sama.

Hal ini karena dapat mengiritasi dan merusak kulit Bunda. Jika kulit terasa kering setelah melakukan tahap skincare yang satu ini, segeralah menggunakan pelembap.

Nah, untuk membantu Bunda mencari tahu produk apa saja yang cocok untuk eksfoliasi. Yuk, simak berikut ini.

Conceptual shot of Acne & Problem Skin on female face.Ilustrasi kulit berminyak/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Boyloso

5 Rekomendasi produk eksfoliasi yang cocok untuk Bunda

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa produk eksfoliasi yang dapat Bunda gunakan untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah dan halus. Simak berikut ini, ya, Bunda.

1. Emina 2 in 1 Scrub Mask 50 ml

Produk yang ditawarkan dengan harga Rp36.000 ini memiliki butiran scrub yang lembut dan halus, tekstur ringan dan juga mudah diaplikasikan, membantu mengangkat sel kulit mati, dan menjaga kelembapan kulit pada wajah.

Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan berbagai kandungan kimia, mulai dari propanediol, glycerin, hydrated silica, hingga sodium hydroxide. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Bunda bisa menggunakannya 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

2. SOME BY mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner 100 ml

Produk yang satu ini sangat bermanfaat untuk exfoliating, perawatan pori-pori dan kulit, mengatasi peradangan pada kulit, membantu melembapkan kulit, hingga memperbaiki kerutan dan membuat kulit tampak terlihat cerah.

Sementara itu, kandungan AHA/BHA/PHA dan esktrak pepaya, serta ekstrak witch hazel dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan sisa kotoran. Bunda bisa membelinya dengan merogoh kocek sebesar Rp130.000.

3. Avoskin Miraculous Refining Serum

Avoskin Miraculous Refining Serum berfungsi sebagai eksfoliator yang sangat efektif dalam menyingkirkan sel-sel kulit mati. Hal ini karena produk skincare yang satu ini mengandung 10 persen AHA dan 3 persen BHA sebagai agen eksfoliator. Untuk mendapatkannya, Bunda perlu menyiapkan biaya sebesar Rp211.000.

4. Bio Essense Bio-Renew Exfoliating

Gel ini dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati serta komedo putih yang mengganggu pada kulit. Selain itu, produk ini juga memiliki formula lembut untuk mengangkat sel kulit mati yang dapat membantu memaksimalkan proses penyerapan produk perawatan kulit selanjutnya.

Dengan ekstrak royal jelly yang ada dalam kandungannya, dapat membantu kulit tetap lembap, tanpa ada rasa kering setelah menggunakan exfloating gel. Untuk mendapatkannya, Bunda perlu menyiapkan biaya sebesar Rp211.000.

5. The Body Shop Seaweed Pore Cleansing Exfoliator Scrub 100 ml

Scrub pembersih wajah yang diperkaya dengan seaweed extract di Irlandia dan Jojoba beads, dapat membantu membersihkan dan mengangkat sel-sel kulit mati hingga ke pori-pori. Kulit akan terasa lebih bersih, lembut, dan segar. Untuk mendapatkannya, Bunda perlu merogoh kocek sebesar Rp219.000.

Nah, itulah penjelasan lengkap mengapa Bunda perlu melakukan eksfoliasi, apa saja tips yang cocok untuk memilih produk eksfoliasi sesuai dengan jenis kulit, hingga beberapa rekomendasi produk eksfoliasi yang bisa Bunda gunakan. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Bunda, yuk, download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video 6 manfaat lidah buaya untuk wajah yang ada di bawah ini, ya, Bunda:

[Gambas:Video Haibunda]

(asa/fir)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!