sign up SIGN UP search


moms-life

5 Alasan Bunda Perlu Coba Makan Jagung saat Diet untuk Turunkan Berat Badan

ANNISAAFANI   |   Haibunda Kamis, 29 Sep 2022 18:14 WIB
Ilustrasi wanita makan jagung caption
Jakarta -

Setiap orang memiliki metabolisme yang berbeda, Bunda. Oleh karena itu, kita tidak boleh asal-asalan untuk menjalani pola diet, khususnya diet untuk menurunkan berat badan.

Mengatur makanan selama diet perlu untuk dipertimbangkan dengan matang. Baik itu buah, sayuran, maupun camilan, harus memiliki kandungan gizi yang sesuai agar berat badan tetap ideal dan sehat.

Jika Bunda bosan mengonsumsi oatmeal atau salad, maka enggak ada salahnya untuk beralih ke makanan lain seperti jagung, lho. Salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat juga bisa diolah menjadi berbagai macam olahan makanan.


Melansir Health Shots, ahli terapi makanan mengatakan bahwa jagung bisa membantu menurunkan berat badan, lho. Selengkapnya, simak manfaat diet jagung sebagai berikut, ya.

1. Tinggi protein

Jika ingin menurunkan berat badan, maka Bunda perlu memerhatikan asupan protein yang kamu konsumsi. Protein sendiri dikenal bagus untuk diet karena karena bisa meningkatkan metabolisme, membantu tubuh dalam proses penurunan bobot tubuh, dan membantu perkembangan otot.

Untuk mencukupi kebutuhan protein, maka saat diet Bunda bisa mencoba mengonsumsi jagung karena kandungan proteinnya amat tinggi.

2. Rendah kalori

Selain tinggi protein, jagung juga rendah kalori sehingga aman dikonsumsi oleh orang yang sedang menurunkan berat badan. Meskipun ada beberapa anggapan tentang jagung yang tinggi kalori, namun faktanya, satu tongkol jagung memiliki jumlah kalori yang sama dengan apel berukuran rata-rata.

Kalori pada jagung akan tergolong tinggi apabila saat proses pengolahan, jagung diolesi dengan mentega atau digoreng dengan minyak. Dengan begitu, anggapan tentang jagung tinggi kalori menjadi benar karena mentega atau minyak tadi yang akan menempel di lingkar pinggang menjadi lemak.

3. Kaya serat

Beberapa penelitian menghubungkan antara diet serat tinggi dengan pencegahan akumulasi lemak di sekitar perut dan penumpukan lemak di perut. Orang yang sedang melakukan diet harus mengonsumsi makanan yang tinggi serat karena serat dapat membuat rasa kenyang lebih lama sehingga bisa mencegah makan secara berlebihan.

Jika Bunda bosan dengan beberapa pilihan menu diet, maka bisa mencoba jagung karena makanan ini kaya akan serat sehingga bisa membantu dalam menurunkan berat badan.

4. Kaya vitamin dan mineral

Meskipun sedang menjalani diet, namun bukan berarti harus mengorbankan kesehatan demi mendapatkan tubuh ideal, ya. Bunda harus tetap mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral.

Oleh karena itu, penting mencari makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, misalnya seperti jagung. Jagung mengandung magnesium dan potasium dan juga tinggi vitamin. Mulai dari vitamin C, vitamin B1 hingga Vitamin B9.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI. 

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen. 

Simak juga 8 makanan pengganti nasi untuk diet dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/pri)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!