sign up SIGN UP search


moms-life

Cara Pilih Kandungan Skincare untuk Bunda Berusia 30 Tahun ke Atas

Amira Salsabila   |   Haibunda Sabtu, 01 Oct 2022 16:20 WIB
Person caption
Jakarta -

Tidak hanya remaja saja yang perlu melakukan perawatan kulit, Bunda berusia 30 tahun ke atas juga perlu melakukan rutinitas yang satu ini. Untuk melakukan rutinitas ini, tentunya Bunda juga perlu memilih kandungan skincare yang sesuai dengan usia dan jenis kulit Bunda.

Melansir dari laman Medical News Today, seiring bertambahnya usia, kolagen dan elastin akan mengalami kerusakan pada kulit Bunda. Ini dapat menyebabkan kulit lebih longgar dan rentan terhadap kerutan.

Oleh karena itu, Bunda perlu melakukan perawatan kulit dengan memilih kandungan skincare yang tepat untuk usia 30 tahun ke atas. Nah, untuk membantu Bunda mencari tahu bagaimana memilih kandungan yang tepat, yuk, simak berikut ini.


6 Cara pilih kandungan skincare untuk Bunda berusia 30 tahun ke atas

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Bunda ikuti ketika memilih kandungan skincare yang tepat untuk Bunda yang berusia 30 tahun ke atas. Yuk, simak.

1. Pilih pembersih sesuai dengan jenis kulit

Memilih pembersih wajah yang lembut sesuai dengan jenis kulit Bunda adalah salah satu hal penting seiring bertambahnya usia. Jika memiliki kulit kering atau sensitif, Bunda bisa mencoba pembersih dengan kandungan lembut dan menghidrasi kulit. Jika kulit berminyak atau kombinasi, pilihlah pembersih yang dirancang untuk mengontrol minyak dan berjerawat.

2. Gunakan SPF

Pilihlah tabir surya spektrum luas untuk melindungi kulit Bunda. Bunda perlu menggunakan tabir surya untuk menghindari bahayanya paparan sinar UV yang dapat menyebabkan flek hitam pada wajah, warna kulit tidak merata, dan kerutan.

Oleh karena itu, Bunda perlu mengaplikasikan tabir surya ini untuk mencegah tanda-tanda yang terlihat dan terhindar dari kanker kulit juga.

3. Gunakan eksfoliasi untuk perawatan kulit Bunda

Eksfoliasi dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati, membersihkan pori-pori yang tersumbat dan memperlihatkan kulit yang lebih cerah dan sehat. Ada dua jenis exfoliant yang bisa Bunda terapkan, yakni physical exfoliant dan chemical exfoliant.

Physical exfoliant dapat bekerja dengan mengelupaskan sel-sel kulit mati secara mekanis. Sementara itu, chemical exfoliant menggunakan bahan aktif seperti asam glikolat atau asam laktat untuk melarutkannya.

4. Pilih serum antioksidan

Serum antioksidan cenderung membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat merusak penghalang kulit Bunda. Beberapa antioksidan terbaik untuk kulit di antaranya, vitamin C dan E, dan ekstrak teh hijau. Bahan-bahan ini dapat membantu mencerahkan kulit, dan meningkatkan elastisitas pada kulit.

5. Pakai pelembap

Tidak hanya dapat membantu menjaga kulit terhidrasi, pelembap juga dapat membantu mengurangi munculnya keriput dan garis-garis halus, lho, Bunda.

6. Pilih produk yang mengandung retinoid

Retionid penting untuk pergantian sel kulit yang dapat membantu menjaga kulit tampak lebih mudah dan segar. Selain itu, kandungan ini juga dapat membantu menghaluskan kerutan dan mengatasi jerawat.

Selain mengetahui cara yang tepat untuk memilih skincare untuk Bunda berusia 30 tahun, ada juga beberapa rekomendasi skincare anti-aging yang bisa Bunda terapkan untuk menyamarkan kerutan dan garis halus.

Apa saja rekomendasinya? Yuk, simak di halaman berikutnya, ya, Bunda.

Bunda, yuk, download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video 3 tips kulit glowing dengan cara yang ramah di kantong, ada di bawah ini, ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

REKOMENDASI SKINCARE ANTI AGING
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!