sign up SIGN UP search

moms-life

Pilunya Kisah Cinta Pierre Tendean dan Rukmini, Terhalang Agama hingga Usia

Annisa A   |   Haibunda Jumat, 30 Sep 2022 13:45 WIB
Pierre Tendean, Mengenal Sosok Pahlawan Revolusi dan Kisahnya caption
Jakarta -

Pierre Andries Tendean atau lebih dikenal sebagai Pierre Tendean merupakan salah satu tokoh pahlawan revolusi. Ia gugur dalam peristiwa Gerakan 30 September 1965 (G30S/PKI).

Pierre Tendean lahir dari pasangan Dr. A.L Tendean, dokter berdarah Minahasa dan Maria Elizabeth Cornet, wanita Belanda berdarah Prancis.

Kisah Pierre TendeanĀ jadi anggota militer

Pierre Tendean tumbuh dengan kecintaan di bidang militer. Akan tetapi, hal itu justru bertolak belakang dengan harapan kedua orang tuanya. Ayah dan ibunda ingin putranya menjadi dokter atau insinyur.


Tak menyerah dengan mimpinya, Pierre Tendean bertekad terjun ke dunia militer. Ia bergabung dengan Akademi Teknik Angkatan Darat (ATEKAD) pada 1958 di Bandung.

Namun sayangnya, hidup Pierre Tendean harus berakhir tragis saat terjadi peristiwa Gerakan 30 September (G30S/PKI). Ia adalah perwira yang menjadi salah satu korban penculikan dan pembunuhan pasukan Cakrabirawa, sebelum akhirnya dibuang ke dalam sumur di Lubang Buaya.

Kisah cinta Pierre Tendean

Tak hanya memiliki akhir hidup tragis, Pierre Tendean juga menyimpan perjalanan cinta yang pahit. Ia mempunyai sejarah panjang bersama kekasihnya yang merupakan wanita keturunan Jawa yang tinggal di Medan, Sumatera Utara.

Pertemuan Pierre Tendean dengan sang kekasih bermula ketika ia menjalani tugas sebagai perwira militer. Ia kerap pergi berpindah-pindah ke berbagai wilayah Nusantara.

Ketika berkunjung ke Kota Medan, ia menemukan seorang gadis bernama Rukmini Chamim atau Mimin. Perkenalan mereka terjadi karena comblangan teman-teman Pierre, yakni Satrijo Wibowo dan Setijono Hadi.

Rukmini yang bernama lengkap Rr. M. CH. A. Nurindah Rukmini Chamim adalah anak sulung dari empat bersaudara, Bunda. Ayahnya, Raden Chamim Rijo Siswopranoto, yakni seorang wiraswasta yang cukup sukses di Sumatra Utara saat itu.

Menurut buku Teror Kudeta G.30.S terbitan Pantja Sila (1965), ibunda Rukmini masih mempunyai hubungan kekerabatan dengan istri Jenderal Sumitro, mantan Panglima ABRI dan Pangkopkamtib di tahun 1970-an. Selain itu, disebut juga bahwa Rukmini merupakan keponakan dari Bantu Hardio, seorang perwira intel TNI AD, yang menikah dengan adik ibunda Rukmini.

Profil RukminiĀ kekasih Pierre Tendean

Rukmini adalah gadis berdarah Jawa asal Yogyakarta dari keluarga penganut agama Islam yang taat. Keluarga besarnya termasuk dalam Barisan Muhammadiyah Kota Medan dan Yogyakarta. Rukmini pun dikenal sebagai gadis yang salehah dan rajin beribadah.

Pertemuan dengan Pierre terjadi ketika Rukmini masih duduk di bangku SMA. Pada mulanya, Pierre Tendean kerap menolak ajakan pertemuan yang diatur oleh kedua temannya. Ia menolak untuk berkenalan dengan siapa pun, dan hanya ingin fokus olahraga dan latihan selama berada di sana.

Akan tetapi, Setijono dan Satrijo tak henti menjodohkan sang sahabat dengan gadis itu. Mereka tetap berusaha mengajak Pierre untuk berkenalan dengan Rukmini hingga akhirnya Pierre yang bosan dengan ajakan teman-temannya itu pun menurut dan mengiyakan untuk bertemu dengan Rukmini.

Tanpa diduga, Pierre Tendean justru jatuh hati dengan gadis itu. Baca di halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video tentang kisah cinta mereka di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



PIERRE TENDEAN JATUH CINTA DENGAN RUKMINI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!