sign up SIGN UP search

parenting

10 Ucapan Sehari-hari agar Anak Cerdas, Menarik Dicoba Nih Bun

Asri Ediyati   |   Haibunda Kamis, 29 Sep 2022 11:11 WIB
Ucapan orang tua agar anak cerdas caption

Pernah terpikir bahwa ucapan orang tua bisa membuat anak cerdas? Meskipun terdengar sepele, ini menjadi bukti bahwa orang tua harus menjadi teladan yang baik untuk anak-anaknya.

Bunda tentunya setuju, orang tua adalah sekolah pertama anak-anaknya. Dari orang tua, anak belajar banyak. Sedangkan dari anak, orang tua juga belajar banyak bagaimana menyikapi dan mengasuh buah hatinya.

Pola pengasuhan bantu kecerdasan anak

Bicara tentang pengasuhan yang diterapkan orang tua, pola pengasuhan adalah salah satu hal yang berdampak pada kecerdasan anak. Apa buktinya? Mengutip Times, IQ anak tak bisa memprediksi siapa yang akan sukses dalam hidup.


Sementara, disiplin dan kepercayaan diri termasuk kunci terpenting kesuksesan & kecerdasan individu. Disiplin dan kepercayaan diri anak ini terbentuk dari kebiasaan mereka sehari-hari dengan orang tuanya. Bagaimana orang tuanya bertutur dan menjadi contoh bagi anak-anak mereka.

Disiplin & kepercayaan diri

Dari buku Charles Duhigg The Power of Habit: Why We Do What We Do in Life and Business, lusinan penelitian menunjukkan bahwa kemauan keras adalah satu-satunya kebiasaan kunci terpenting untuk kesuksesan individu. 

“Anak yang sangat disiplin diri mengungguli rekan-rekan mereka yang lebih impulsif pada setiap variabel kinerja akademik,” tulis para peneliti.

“Disiplin diri memprediksi kinerja akademik lebih kuat daripada IQ. Disiplin diri juga memprediksi siswa mana yang akan meningkatkan nilai mereka selama tahun ajaran, sedangkan IQ tidak. Disiplin diri memiliki efek yang lebih besar pada kinerja akademik daripada bakat intelektual.”

Ilustrasi vitamin anak cerdasIlustrasi anak cerdas/ Foto: Getty Images/Erdark

Sementara, dikutip dari KidsHealth anak-anak yang merasa baik tentang diri mereka sendiri memiliki kepercayaan diri untuk mencoba hal-hal baru. Mereka lebih cenderung mencoba yang terbaik. Mereka merasa bangga dengan apa yang bisa mereka lakukan.

Kepercayaan diri membantu anak-anak mengatasi kesalahan. Ini membantu anak-anak mencoba lagi, bahkan jika mereka gagal pada awalnya. Akibatnya, percaya diri membantu anak-anak berprestasi lebih baik di sekolah, di rumah, dan dengan teman-teman.

Sebaliknya, anak-anak dengan percaya diri rendah merasa tidak percaya diri. Jika mereka berpikir orang lain tidak akan menerimanya, mereka mungkin tidak akan bergabung. Mereka mungkin membiarkan orang lain memperlakukan mereka dengan buruk.

Mereka mungkin mengalami kesulitan untuk membela diri mereka sendiri. Mereka mungkin mudah menyerah, atau tidak mencoba sama sekali. Anak-anak dengan harga diri rendah merasa sulit untuk mengatasi ketika mereka melakukan kesalahan, kalah, atau gagal.

Ada beberapa perkataan sehari-hari orang tua yang bisa membuat anak-anak cerdas. Dalam hal ini, mereka nantinya bisa disiplin dan percaya diri. Apa saja? Baca di halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga beda IQ, EQ, dan SQ dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 1-3 Tahun Ketahui lebih jauh perkembangan anak 1-3 tahun. Cek Yuk arrow-right
10 KALIMAT SEHARI-HARI BIKIN ANAK CERDAS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!