sign up SIGN UP search

moms-life

Seberapa Penting Visum Dilakukan dalam Kasus KDRT Seperti Dialami Lesti Kejora?

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Jumat, 30 Sep 2022 17:00 WIB
Lesti Kejora caption
Jakarta -

Lesti Kejora melaporkan suaminya, Rizky Billar, ke polisi atas dugaan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Wanita 23 tahun ini menyerahkan hasil visum sebagai barang bukti ke Polres Metro Jakarta Selatan, Bunda.

Menurut laporan, Lesti mengalami sejumlah luka setelah dianiaya sang suami. Lesti menjelaskan kronologi KDRT tersebut dalam laporan polisi bernomor LP/B/2348/IX/2022/SPKT/Polres Metro Jakarta Selatan.

Bentuk KDRT yang dialami Lesti Kejora

Dugaan KDRT terjadi Rabu (28/9/22) pada pukul 01.51 WIB di rumah Lesti Kejora dan Rizky Billar di Cilandak, Jakarta Selatan. Dalam laporan dijelaskan bahwa KDRT dipicu oleh dugaan perselingkuhan yang dilakukan Rizky Billar.


"Berawal korban Lesti ini mengetahui suaminya, Rizky Billar, ini selingkuh di belakang. Saat korban meminta dipulangkan ke rumah orang tuanya, terlapor emosi dan berusaha mendorong korban dan membanting korban ke kasur," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan saat dihubungi detikcom, Kamis (29/9/22).

Dalam laporannya ke polisi, Lesti membawa serta bukti visum. Hal ini dibenarkan Kasi Humas Polres Metro Jakarta Selatan AKP Nurma Dewi.

"Buktinya visum. Kan kita selalu visum kalau (kasus) KDRT. Kemudian, dia sudah diperiksa semalam," Nurma Dewi.

Visum menurut dokter forensik

Bunda pasti sudah tidak asing dengan istilah 'visum' terkait KDRT. Visum memang menjadi bukti yang bisa diajukan dalam kasus KDRT.

Dokter forensik Ade Firmansyah menjelaskan, pemeriksaan visum merupakan laporan medis tertulis yang diberikan ahli sebagai alat bukti yang sah. Visum dibuat atas permintaan kepolisian untuk membuktikan kasus tertentu, Bunda.

"Pertama pasti ada penyidik yang berwenang yang mengeluarkan permintaan visum. Di dalamnya dituliskan dengan jelas untuk pemeriksaan apa," kata dr Ade.

Laporan hasil visum akan digunakan sebagai alat bukti di pengadilan. Di dalam laporan ini terdapat rincian kondisi kesehatan fisik dan psikis korban yang diperiksa, Bunda.

Lalu seberapa penting bukti visum digunakan dalam dugaan kasus KDRT seperti dialami Lesti Kejora?

TERUSKAN MEMBACA DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

(ank/rap)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!