sign up SIGN UP search


moms-life

Kisah Cinta Pahlawan RI Asal Korea dengan Perempuan Indonesia, Berakhir Tragis

Annisa A   |   Haibunda Senin, 16 Aug 2021 20:08 WIB
A Man Goes To Military Service. Saying Goodbye. Leaving To Army. Farewell With Family. Camouflage Uniform. Son Hanging. Feelings Showing. Guard Of Peace. Patriotic Decision. Soldier Emotion. caption
Jakarta -

Di tengah hiruk-pikuk penjajahan 79 tahun silam, kisah cinta prajurit Korea dan wanita Indonesia bersemi di sebuah camp tahanan Jepang yang berlokasi di Bandung. Dia adalah Yang Chil Sung, pemuda yang mencuri hati Lience Wenas.

Yang Chil Sung merupakan salah satu pemuda Korea Selatan yang dibawa oleh Jepang untuk bertugas di Indonesia. Dalam catatan sejarah, pada akhirnya Yang Chil Sung ditetapkan sebagai pahlawan Nasional. Yang Chil Sung yang memakai nama Jepang Shichisei Yanagawa datang ke Nusantara pada 1942 sebagai penjaga tawanan perang (phorokamsiwon).

"Dia punya kemampuan lebih dibandingkan asisten tentara. Dia bisa merakit ranjau, punya kemampuan berbahasa yang bagus, termasuk bahasa Jepang dan Indonesia," kata Rostineu, dosen Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Korea di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) kepada HaiBunda.


Tak ada yang mengetahui mengapa ia menjadi phorokamsiwon. Padahal, pemuda kelahiran 29 Mei 1919 itu dikenal mahir dalam membuat ranjau seperti bom dan senjata perang. Tak ada yang tahu pula apakah ia datang atas paksaan Jepang atau karena sukarela.

Selama bertugas di camp tahanan, Yang Chil Sung bekerja di bawah pimpinan tentara reguler Jepang (ilbon gunnin) bersama para pembantu tentara jepang (gunsok) lainnya. Suatu ketika, seorang wanita Indonesia mencuri perhatian Yang Chil Sung yang sedang berjaga.

Wanita bernama Lience Wenas itu rutin berkunjung ke camp tahanan untuk menemui sang kakak yang pada saat itu menjadi tahanan tentara Jepang. Dalam siaran dokumenter KBS, disebutkan bahwa Yang Chil Sung jatuh cinta dengan Lience Wenas.

Pemuda asal Wanjoo, Provinsi Jeolla Utara, Korea Selatan itu akhirnya memberanikan diri untuk mendekati Lience Wenas. Keduanya mulai saling mendekatkan diri di tengah situasi penjajahan yang masih mencekam.

"Ia menikahinya dan menjalani kehidupan baru di negara yang sudah terasa seperti Tanah Air sendiri. Mereka dikaruniai seorang putra bernama Eddy Jawan," begitu keterangan yang disiarkan dalam dokumenter KBS.

Namun kisah cinta prajurit Korea dan wanita Indonesia itu tak berlangsung lama karena sebuah tragedi. Simak di halaman selanjutnya.

Simak juga video sejarah presiden Indonesia dari masa ke masa berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

MENGABDI PADA INDONESIA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!