sign up SIGN UP search


moms-life

Claustrophobia: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobatinya

Jessica Elisabeth Gunawan   |   Haibunda Sabtu, 19 Nov 2022 15:20 WIB
Ilustrasi Claustrophobia caption

Ketakutan merupakan emosi normal yang dimiliki oleh semua manusia. Penyebab rasa takut ini pun bermacam-macam. Di dunia ini, ada berbagai macam ketakutan atau fobia, salah satunya claustrophobia.

Fobia merupakan reaksi ketakutan yang berlebihan dan irasional, dikutip dari healthline. Jika Bunda memiliki fobia, Bunda akan merasa sangat takut atau panik ketika dihadapi dengan sesuatu yang menakutkan. Berbeda dengan kecemasan (anxiety), fobia biasanya berkaitan dengan sesuatu yang spesifik seperti tempat, situasi, atau objek.

Keseharian seorang dengan fobia dapat terganggu hingga membuat seorang tidak berdaya. Mengutip healthline, kebanyakan orang yang memiliki fobia sadar bahwa ketakutan mereka ini tidak masuk akal, tetapi mereka tidak bisa melakukan apa-apa. 


Ada bermacam-macam fobia yang dimiliki seseorang seperti takut ketinggian, takut kegelapan, takut darah. Lalu, apa itu claustrophobia? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk Bunda.

Apa itu claustrophobia

Claustrophobia secara terminologi merupakan gabungan dua kata dari dua bahasa. Claustrum berasal dari bahasa Latin yang berarti tempat tertutup dan phobos dari bahasa Yunani yang berarti ketakutan.

Dalam istilah psikologi, claustrophobia dikutip dari Healthline adalah fobia situasional yang dipicu oleh ketakutan irasional dan intens saat berada di tempat ramai atau sempit. Orang dengan claustrophobia membayangkan situasi terburuk yang terjadi kepada mereka ketika berada di tempat ramai atau sempit.

Beberapa orang dengan claustrophobia merasa tidak nyaman berada di dalam lift, toilet umum, bahkan pintu berputar yang biasa ada di pusat perbelanjaan. Selain itu, beberapa pemicu claustrophobia lainnya termasuk:

  • Terkunci di ruang tanpa jendela.
  • Terjebak dalam lift yang penuh sesak.
  • Terjebak macet di dalam kendaraan tertutup seperti mobil atau bis.
  • Berada di terowongan, basement, pesawat, dan tempat cuci mobil otomatis.
  • Berada di dalam scanner MRI di rumah sakit.
  • Berdiri di tempat yang ramai seperti dalam konser.

Lalu apa yang menyebabkan claustrophobia? Apa gejala dari ketakutan pada tempat sempit atau ramai ini dan bagaimana cara mengobatinya? Simak penjelasannya di halaman selanjutnya, ya Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

[Gambas:Video Haibunda]



PENYEBAB HINGGA CARA MENGATASI CLAUSTROPHOBIA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!