sign up SIGN UP search

moms-life

8 Doa Selamat dari Dunia Akhirat hingga Bencana, Sebagai Perlindungan Diri Bun

Amira Salsabila   |   Haibunda Jumat, 18 Nov 2022 13:23 WIB
female hand of prayer with wooden beads in sunlight, iftar concept, Ramadan month, Koran, plate of dried fruit, Cup of tea on wooden table caption
Jakarta -

Sebagai umat Muslim, Bunda dianjurkan untuk selalu memanjatkan doa kepada Allah SWT untuk meminta perlindungan dari-Nya. Dengan membaca doa selamat dalam kondisi apa pun Bunda akan selalu dilindungi Allah SWT.

Ada beberapa doa yang dapat Bunda bacakan agar tetap mendapat perlindungan dari Allah SWT, mulai dari doa selamat dunia akhirat, saat berkendara, terhindari dari bahaya dan bencana yang mengancam, hingga saat persalinan.

Banner Tips Melahirkan Lancar

Bunda penasaran doa apa saja yang bisa Bunda bacakan? Simak berikut ini, ya, Bunda.


Doa memohon keselamatan dunia akhirat

Melansir dari buku Bacaan dan Gerakan Salat Cepat Hafal di Luar Kepala karya Tim Qultummedia, berikut adalah bacaan doa memohon keselamatan dunia akhirat yang bisa Bunda bacakan:

اللهم إنانسألك سلامة في الدين وعافية في الجسد وزيادة في العلم وبركة في الرزق وتوبة قبل الموت ور حمة عند الموت ومغفرة بعد الموت. اللهم هون علينافي

سكرات الموت والنجاة من النار و العفو عندالحسب ربنا لا تزغ قلوبنا بعدا ذهديتنا وهبلنا من لدنك رحمة إنك أنت الوهاب . ربنا أتنا في الدنيا حسنة وفي الأ

خرة حسنة وقنا عذاب النّار

Allaahumma innaa nas aluka salaamatangfiddiini wa afiatan filjasadi waziaadatangfil ilmi wabarokatangfirizki wataubatang Qoblalmaut warahmatan ingdalmaut wamaghfiratan ba'dal mauut, Allaahumma hawin alaina fi sakarootil mauti wanajata minannaar wal afwa ingdal hisaab. Robbana laatuzigh Qulubana ba'da idz hadaitanaa wahablanaa mil ladungka rohmatan innaka angtal wahhaab. robbanaa aatinaa fiddunyaa hasanataw wafil akhiroti hasanatw waQinaa adzaabannaar

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu keselamatan dalam beragama, kesejahteraan dalam badan, tambahan ilmu, berkah dalam rezeki, bertobat sebelum mati, dan ampunan setelah mati. Ya Allah, mudahkanlah pada kami dalam menghadapi sakaratul maut, dan selamatkanlah kami dari siksaan api neraka, dan maafkanlah kami pada waktu dihisab. Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau menggeser hati kami setelah Engkau memberi petunjuk kepada kami, dan berilah nikmat dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi. Wahai Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan jagalah kami dari siksa api neraka.”

Doa memohon agar selamat dari azab neraka jahanam

Siapa yang tidak ingin masuk surga dan menghindari azab neraka jahanam? Pastinya semua orang menginginkan hal ini. Agar hal itu dapat terwujud, Bunda dapat membacakan doa berikut ini yang diriwayatkan oleh Abu Daud, Ibu Majah, dan Ahmad:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْجَنَّةَ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنَ النَّارِ

Allaahumma innii as-alukal jannah, wa a’uudzu bika minan-naar

Artinya:

“Ya Allah, aku mohon kepada-Mu surga, dan aku berlindung kepada-Mu dari neraka.”

Doa keselamatan agar terhindar dari bahaya

Dalam Hadits Abu Daud dan juga Tirmidzi dari Ustman bin Affan Radhiyallahu’anhu, dirinya menyampaikan sempat mendengar Rasulullah memanjatkan sebuah doa agar terhindar dari bahaya, sebagai berikut:

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Bismillahilladzi laa yadhurru ma'asmihi syai-un fil ardhi wa laa fis samaa' wa huwas samii'ul 'aliim

Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat). Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui).”

Doa agar selamat berkendara

Melansir dari buku Mutiara Doa: Para Nabi dan Rasul dari Al-Qur’an dan Hadis karya Ahmad Suhendra, ada beberapa doa yang perlu Bunda panjatkan ketika naik kendaraan. Simak berikut ini, ya, Bunda.

1. Doa naik kendaraan darat

الحَمْدُ للهِ/سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

Alhamdulillahilladzi/subhanalladzi sakhkhara lana hadza wa ma kunna lahu muuqrinina, wa inna ila rabbina lamunqalibuna

Artinya:

“Segala puji bagi Allah/maha suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami. Padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Sungguh, kamu akan kembali kepada Tuhan kami.”

Kemudian dilanjutkan dengan membaca Alhamdulillah sebanyak tiga kali dan diikuti dengan membaca doa berikut ini:

سُبْحَانَكَ إِنِّى ظَلَمْتُ نَفْسِى فَاغْفِرْ لِى فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ

Subhanaka inni zhalamtu nafsi faghfirli fa innahu la yaghfiruz dzunuba illa anta

Artinya:

“Maha suci Engkau, sungguh aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sungguh, tidak ada yang mengampuni dosa selain Engkau.”

2. Doa naik kendaraan laut

Ilustrasi Kapal PesiarDoa selamat/ Foto: (iStock)

۞ وَقَالَ ارْكَبُوْا فِيْهَا بِسْمِ اللّٰهِ مَجْرٰ۪ىهَا وَمُرْسٰىهَا ۗاِنَّ رَبِّيْ لَغَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Artinya:

“Dan dia berkata, "Naiklah kamu semua ke dalamnya (kapal) dengan (menyebut) nama Allah pada waktu berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (Hud ayat 41)

3. Doa naik kendaraan udara

اللهُ أَكْبَر، اللهُ أكْبر، الله أكْبَر، سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا، وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ، وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ، اللهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِي سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى، اللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا، وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ، اللهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ، وَالْخَلِيفَةُ فِي الْأَهْلِ، اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ، وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ، وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالْأَهْلِ

Artinya:

"Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Maha suci Allah yang telah menundukkan (pesawat) ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kepada Allah lah kami kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kebaikan dan takwa dalam perjalanan ini, kami mohon perbuatan yang Engkau ridhoi. Ya Allah, permudahkanlah perjalanan kami ini, dan dekatkanlah jaraknya bagi kami. Ya Allah, Engkaulah pendampingku dalam bepergian dan mengurusi keluarga. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan dalam bepergian, pemandangan yang menyedihkan dan kepulangan yang buruk dalam harta dan keluarga."

Doa agar terhindar dari fitnah Dajjal

Melansir dari detikcom, Bunda dapat menghindari fitnah Dajjal dengan membacakan doa berikut yang diriwayatkan dalam hadist dari Aisyah RA. Dalam hadist tersebut dikatakan bahwa Rasulullah sempat membaca doa berikut ini dalam salatnya:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ ، وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

Allahumma inni audzubika min 'adzabi jahannama wa min adzabil qabri wa min fitnatil mahya wal mamati, wa min syarri fitnatil masihid dajjal.

Artinya:

“Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari siksa neraka jahanam, dari siksa kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, serta kejahatan fitnah al-masikh ad-Dajjal.” (HR. Muslim)

Doa agar terhindar dari bencana

Dirangkum dari buku Doa-Doa untuk Muslimah karya Tim Quanta, berikut adalah doa yang bisa Bunda bacakan agar terhindar dari bencana.

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Bismillahilladzi laa yadhurru ma’asmihi syai-un fil ardhi wa laa fis samaa’ wa huwas samii’ul ‘aliim

Artinya:

“Dengan nama Allah yang bila disebut, segala sesuatu di bumi dan langit tidak akan berbahaya, Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Doa memohon keselamatan keluarga

اَللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَدَنِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى سَمْعِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَصَرِ

Allahumma afini fi badani allahumma afini fi sam'i allahumma afini fi bashari la ilaha illa anta

Artinya:

“Ya Allah, sehatkanlah badan ku. Ya Allah sehatkanlah pendengaranku. Ya Allah sehatkanlah penglihatanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau.”

Doa agar selamat dan dimudahkan saat persalinan

اِنَّ رَبَّكُمُ اللّٰهُ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ فِيْ سِتَّةِ اَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوٰى عَلَى الْعَرْشِۗ يُغْشِى الَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهٗ حَثِيْثًاۙ وَّالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُوْمَ مُسَخَّرٰتٍۢ بِاَمْرِهٖٓ ۙاَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْاَمْرُۗ تَبٰرَكَ اللّٰهُ رَبُّ الْعٰلَمِيْنَ

Inna rabbakumullahhu al-ladzii khalawa as-samaawati wa al-ardha fii sittati ayyaamin tsumma-stawaa ‘ala al-‘arsy yughsyii al-laila an-nahaara yathlubuhu hatsiitsaa, wa asy-syamsa wa al-qamara wa an-nujuuma musakkharaatin bi amrihii alaa lahuu al-khalqu wa al-amru tabaarakallahu rabbu al-‘alamiin

Artinya:

“Sungguh, Tuhanmu (adalah) Allah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu, Dia bersemayam di atas ‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat. (Dia ciptakan) matahari, bulan, dan bintang-bintang tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah! Segala penciptaan dan urusan menjadi hak-Nya. Mahasuci Allah. Tuhan seluruh alam.”

Nah, itulah beberapa doa yang bisa Bunda bacakan agar selalu mendapat perlindungan dari Allah SWT. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Bunda, yuk, download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video 30 nama bayi laki-laki Islami bermakna pejuang yang kuat yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(asa/som)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!