sign up SIGN UP search


moms-life

Benarkah Tidak Berdarah Saat Malam Pertama Pertanda Sudah Tak Perawan?

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Minggu, 20 Nov 2022 17:51 WIB
Ilustrasi Suami Istri Benarkah Tidak Berdarah Saat Malam Pertama Pertanda Sudah Tak Perawan?/ Foto: Getty Images/iStockphoto/silverkblack
Jakarta -

Pasangan suami istri yang berhubungan seks pertama kali sebaiknya melakukan persiapan. Selain menyiapkan mental dan fisik, pasangan baru menikah juga perlu membekali diri dengan pengetahuan yang benar.

Seringkali, mereka yang baru pertama kali melakukan hubungan seksual akan merasa khawatir. Tak hanya karena kurang percaya diri, tapi juga bisa karena adanya persepsi salah yang sudah ditanamkan sejak dulu.

Salah satu anggapan yang sering disalah artikan adalah keluarnya darah dari vagina saat malam pertama. Banyak orang percaya, wanita yang keluar darah saat berhubungan seksual pertama kali menandakan dia masih perawan.


Tolak ukur tersebut sering memicu perdebatan. Wanita dianggap tak perawan bila tidak mengeluarkan darah saat malam pertamanya.

Lalu benarkah seorang wanita yang baru melakukan hubungan seks biasanya akan mengeluarkan darah dari vagina? Benarkan hal tersebut menjadi tolak ukur keperawanannya?

Penyebab darah keluar dari vagina saat bercinta

Pendidik seksualitas dari Manhattan, Logan Levkoff, PhD, menyebut bahwa tidak ada bagian tubuh wanita yang disebut 'keperawanan'. Istilah ini hanya gagasan lama yang dibangun secara sosial di masyarakat, Bunda.

"Ini adalah istilah yang dibangun secara sosial yang mendalami gagasan lama tentang siapa yang harus menjaga keperawanan. Penuh dengan rasa malu dan stigma, karena jika Anda kehilangan sesuatu, Anda tidak akan pernah bisa mendapatkannya kembali. Ungkapan itu dirancang untuk membuat orang merasa bersalah," katanya, dilansir Web MD.

Faktanya, tidak semua wanita akan mengeluarkan darah saat pertama kali melakukan hubungan seksual, Bunda. Artinya, hal tersebut tidak bisa dijadikan pertanda wanita tersebut perawan atau tidak ya.

Dikutip dari NHS, darah dapat keluar dari vagina seorang wanita saat berhubungan seksual pertama kali karena selaput dara meregang atau robek. Nah, selaput dara atau hymen adalah kulit tipis yang menutupi sebagian pintu masuk ke vagina. Bagi sebagian wanita, hal ini mungkin dapat meregang atau robek ketika mereka pertama kali berhubungan seks.

Namun, selaput dara bisa saja robek saat tidak melakukan hubungan seksual, Bunda. Ada beberapa hal yang bisa membuat selaput dara robek atau meregang. Apa saja?

TERUSKAN MEMBACA DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 5 trik berhubungan intim agar tidak merasa perih, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/fir)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!