moms-life

Gejala Sindrom Progeria yang Dialami Puspa Sari, Dikira Alergi Ternyata Penuaan Dini di Usia 10 Thn

Tim HaiBunda & Tim HaiBunda   |   HaiBunda

Selasa, 17 Jan 2023 16:37 WIB

Jakarta -

Kisah Puspa Sari yang viral karena mengalami penuaan dini sejak usia 10 tahun tengah menjadi sorotan. Ia mengidap kondisi langka bernama sindrom progeria.

Sindrom tersebut dialami Puspa Sari setelah memasuki usia 10 tahun. Pada mulanya, ia mengalami sejumlah gejala yang dikaitkan dengan kondisi alergi.

Dokter mendiagnosis Puspa Sari mengalami alergi biasa, Bunda. Ia sering mengalami biduran hingga bentol-bentol.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


"Awalnya itu biduran, bentol-bentol. Pas diperiksa itu (dibilang) cuma alergi biasa doang," ujar Puspa Sari dalam acara FYP, dikutip dari YouTube TRANS7 OFFICIAL.

Kendati demikian, gejala justru berkembang semakin parah dengan kondisi yang tidak biasa. Puspa Sari menyadari perubahan fisik pada bagian telinganya. Dokter kemudian menyebutkan bahwa ia mungkin saja bukan mengalami alergi.

"Pas lama-kelamaan di telinga sudah lembek, diperiksa lagi, (katanya) ini sudah yang lain (bukan alergi). Jadi telinga aku enggak kayak orang-orang seperti biasa, jadi lembek," tuturnya.

Puspa Sari mengonsumsi banyak jenis obat tanpa mengetahui dengan pasti apa penyakit yang dideritanya. Ia baru tahu dirinya mengidap sindrom langka ketika SMA.

"Baru tahu (kondisi) tamat SMA, kalau ini adalah sindrom yang sangat langka sekali. Waktu itu dokter bilang (sindrom) progeria," cerita Puspa Sari.

Mengutip dari Mayo Clinic, sindrom progeria atau dikenal sebagai sindrom Hutchinson-GilfordĀ adalah kelainan genetik progesif yang sangat langka. Sindrom ini menyebabkan anak-anak menua dengan cepat.

Pada umumnya, anak-anak dengan sindrom progeria tampak normal saat dilahirkan. Harapan hidup rata-rata untuk anak dengan progeria adalah sekitar 13 tahun, dengan masalah jantung atau stroke sebagai penyebab kematian utamanya.

Namun kini, wanita kelahiran 1994 itu sudah 18 tahun hidup dengan sindrom progeria. Puspa Sari juga sudah melewati masa-masa sulit ketika ia di-bully saat SD.

Apakah semua pengidap sindrom progeria mengalami gejala seperti yang dialami oleh Puspa Sari? Baca pemaparan di halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video tentangĀ growth sprut atau percepatan pertumbuhan pada bayi

[Gambas:Video Haibunda]



TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT