sign up SIGN UP search

moms-life

Kumpulan Doa Penutup Acara yang Bisa Dipanjatkan Setelah Berkegiatan

Amira Salsabila   |   Haibunda Jumat, 20 Jan 2023 12:35 WIB
Asian muslim girl worried of her father being sick in hospital, she holds her fathers hand and pray for his health, family health insurance concept caption
Jakarta -

Sebagai umat Muslim, dalam menjalani rangkaian acara Bunda perlu menyelesaikannya atau menutupnya dengan membaca doa penutup acara.

Dalam kehidupan sehari-hari, sebagian orang sering mengikuti acara-acara resmi, kemasyarakatan, keagamaan, dan kenegaraan. Baik dalam acara syukuran, selamatan, walimah, rapat, atau pembangunan sebuah gedung, semuanya diakhiri dan ditutup dengan pembacaan doa.

Melansir dari buku Doa-Doa Dalam Acara Resmi, Keagamaan dan Kemasyarakatan karya Drs. M. Ali Chasan Umar, hal ini menunjukkan bahwa doa benar-benar menjadi jantung atau otak ibadah.


Banner Imlek 2023

Kumpulan doa penutup acara

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa doa penutup acara yang bisa Bunda bacakan.

1. Doa penutup acara singkat

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Subhaanakallaahumma wa bihamdika asyhadu allaa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

Artinya:

“Maha suci Allah dan segala puji bagi Allah SWT, aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, aku memohon ampunan dan bertaubat hanya pada-Mu.”

Allahumma inna audzubika minal hammi wal hazan wa audzubika minal ajzi walkasal

Artinya:

“Ya Allah, kami berlindung kepada-Mu dari keragu-raguan hati dan duka cita. Dan kami berlindung kepada-Mu dari sifat lemah dan malas.”

2. Doa penutup acara panjang

اَللَّهُمَّ اقْسِمْ لَنَا مِنْ خَشْيَتِكَ مَاتَحُوْلُ بَيْنَنَا وَبَيْنَ مَعْصِيَتِكَ وَمِنْ طَاعَتِكَ مَا تُبَلِّغُنَابِهِ جَنَّتَكَ وَمِنَ الْيَقِيْنِ مَاتُهَوِّنُ بِهِ عَلَيْنَا مَصَائِبَ الدُّنْيَا. اَللَّهُمَّ مَتِّعْنَا بِأَسْمَاعِنَا وَأَبْصَارِنَا وَقُوَّتِنَا مَا أَحْيَيْتَنَا وَاجْعَلْهُ الْوَارِثَ مِنَّا وَاجْعَلْهُ ثَأْرَنَا عَلَى مَنْ عَاداَنَا وَلاَ تَجْعَلْ مُصِيْبَتَنَا فِى دِيْنِنَاوَلاَ تَجْعَلِ الدُّنْيَا أَكْبَرَ هَمِّنَا وَلاَ مَبْلَغَ عِلْمِنَا وَلاَ تُسَلِّطْ عَلَيْنَا مَنْ لاَ يَرْحَمُنَا

Allahummaqsim lanaa min khosyyatika maa tahuulu bihi baynanaa wa bayna ma’aashik. Wa min thoo ‘atika maa tubalighunaa bihi jannatak. Waminal yaqiin maa tuhawaiki ‘alaynaa mashooibad dunya. Allahumma matti’na bi asmaa’inaa waa abshorina, wa quwwatin aa maa ogyatanaa, wan-shurna ‘alaa man ‘adaanaa, wa laa taj’al mushibatanaa fii diininaa wa laa tajal dunya akbara hammina, wa laa mablagho ‘ilminaa, wa laa tusallith ‘alaynaa mallaa yarhamunaa

Artinya:

“Ya Allah, anugerahkanlah untuk kami rasa takut kepada-Mu, yang dapat menghalangi antara kami dan perbuatan maksiat kepada-Mu, dan (anugerahkanlah kepada kami) ketaatan kepada-Mu yang akan menyampaikan Kami ke surga-Mu dan (anugerahkanlah pula) keyakinan yang akan menyebabkan ringannya bagi kami segala musibah dunia ini. Ya Allah, anugerahkanlah kenikmatan kepada kami melalui pendengaran kami, penglihatan kami, dan dalam kekuatan kami selama kami masih hidup, dan jadikanlah ia warisan dari kami. Jadikanlah balasan kami atas orang-orang yang menganiaya kami, dan tolonglah kami terhadap orang yang memusuhi kami, dan janganlah Engkau jadikan musibah kami dalam urusan agama kami, dan janganlah Engkau jadikan dunia ini sebagai cita-cita terbesar kami dan puncak dari ilmu kami, dan jangan Engkau jadikan orang-orang yang tidak menyayangi kami berkuasa atas kami.”

3. Doa penutup acara lainnya

Rabbana afzik alaina shobran wa tsabbit aqdamana rabbana aatina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hasanah wa qina azabannar subhanarobbil izzati amma yasifun wa salamun alalmursalim walhamdulillahi rabbil alamin

Artinya:

“Ya Allah, curahkanlah kesabaran atas kami, dan teguhkanlah pendirian kami terhadap cobaan dan kebenaran. Ya Allah, berkahilah semua ilmu yang kami dapat selama kegiatan ini, sehingga kami dapat mengamalkan setelah kami bubar dan ke rumah masing-masing. Sehingga kami bisa menjadi suri tauladan dalam keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara.”

Nah, itulah beberapa doa penutup acara yang bisa Bunda bacakan setelah menyelesaikan kegiatan. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Bunda, yuk, download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video 10 rangkaian nama bayi perempuan berawalan Mutiara beserta maknanya yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(asa)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!