sign up SIGN UP search

parenting

Doa dan Amalan agar Anak Cerdas, Nurut & Cepat Paham Belajar

Kinan   |   Haibunda Jumat, 13 Jan 2023 22:40 WIB
Ilustrasi doa agar anak cerdas Doa agar anak cerdas/ Foto: Getty Images/iStockphoto/faizzaki
Jakarta -

Setiap orang tua tentu ingin kelak anaknya tumbuh cerdas, patuh dan cepat paham belajar. Nah, ada beberapa bacaan doa dan amalan yang dapat diterapkan oleh Ayah dan Bunda.

Dikutip dari buku Doa 1.000 Hari Pertama Kehidupan Anak oleh Ridwanul Hakim Soebki, menurut perspektif Islam pendidikan anak-anak merupakan proses mendidik, mengasuh, dan melatih rohani dan jasmani.

Semua berlandaskan pada nilai-nilai baik dari Al-Quran, hadis dan pendapat serta pengalaman para ulama. Salah satu hal penting dalam proses tersebut yakni membaca doa dan melaksanakan amalan baik. 


Berikut beberapa bacaan doa dan amalan yang dapat Bunda terapkan agar anak tumbuh cerdas, tidak nakal dan cepat paham belajar.

Bacaan doa dan amalan agar anak cerdas

Berikut beberapa bacaan doa dan amalan untuk anak supaya tumbuh cerdas dan patuh:

1. Doa anak cerdas

Dikutip dari buku 5 Amalan Penyuci Hati oleh Ali Akbar bin Aqil dan M. Abdullah Charis, beberapa bacaan doa yang dapat dibaca agar anak cerdas yakni:

Alloohumma faqqih-hu fiid diini wa'allimhut ta'wiila

Artinya:
"Ya Allah, berikanlah kepahaman baginya dalam urusan agama, dan ajarkanlah dia ta'wil (ayat-ayat Al-Quran)."

2. Doa anak sehat

Selain doa di atas, ada lagi bacaan doa untuk anak supaya saleh, sehat, dan berguna bagi nusa dan bangsa, yaitu:

Alloohummaj'alhu shohiihan kaamilan, wa'aaqilan haadziqon, wa'aaliman 'aamilan

4. Doa agar anak berbakti pada orang tua dan tidak nakal

Allohumma barikliy fii awladiy, wa la tadhurruhum, wa waf fiqhum li tho'atik, war zuqniy birrohum

Artinya:
"Ya Allah berilah barokah untuk hamba pada anak-anak hamba, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepada-Mu dan karuniakanlah hamba rezeki berupa bakti mereka."

5. Doa Nabi Ibrahim

Nabi Ibrahim menjadi salah satu tauladan bagi orang tua muslim dalam mencintai anaknya. Berikut salah satu bacaan doa Nabi Ibrahim yang tertulis di Al-Quran:

Robbij'alniy muqimash sholati wa min dzurriyyati robbana wa taqobbal du'a

Artinya:
"Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku." (QS Ibrahim : 40)

6. Doa agar anak berilmu pengetahuan

Allohummaj 'alnaa wa aulaadanaa, wa dzurriyyatinaa min ahlil 'ilmi wa ahlil khairi, wa laa taj'alnaa min ahlisy syarri wa ahlidh dhairi, waj'alnaa minal maqbuuliin.

Artinya:
"Ya Allah Tuhan kami, jadikanlah kami dan anak-anak kami serta para istri kami termasuk golongan orang-orang ahli ilmu dan ahli kebajikan, jangan jadikan kami termasuk golongan orang-orang yang ahli kejelekan dan ahli kemudharatan, jadikanlah kami termasuk golongan hamba-Mu yang salih, serta termasuk orang-orang yang selalu Engkau kabulkan segala doa kami."

7. Doa anak soleh dan soleha

Allohummaj 'al awladana awladan sholihiin haafizhiina lil qur'ani wa sunnati fuqoha fid diin mubarokan hayatuhum fid dun-ya wal akhirah

Artinya:
"Ya Allah, jadikanlah anak-anak kami anak yang sholih sholihah, orang-orang yang hafal Al-Quran dan Sunnah, orang-orang yang faham dalam agama dibarokahi kehidupan mereka di dunia dan di akhirat."

Demikian ulasan tentang beberapa bacaan doa yang dapat rutin dipanjatkan Ayah dan Bunda agar kelak anak tumbuh cerdas dan patuh. 

Artinya:
"Ya Allah, jadikanlah ia anak yang sehat sempurna, berakal cerdas, dan berilmu lagi beramal."

3. Doa agar anak cepat paham belajar

Alloohummam-la' quluuba aulaadinaa nuuron wa hik-matan wa ahlihim liqobuuli ni'matin wa ashlih-hum wa ashlih bihimul ummah

Artinya:
"Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka."

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga aturan aqiqah dan penguburan ari-ari bayi dalam Islam. Klik video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!