moms-life

7 Manfaat Mengonsumsi Buah Timun Suri saat Ramadan, Bisa Redakan Panas Dalam Bun

Amira Salsabila   |   HaiBunda

Sabtu, 04 Mar 2023 16:04 WIB

Jakarta -

Buah timun suri memiliki cita rasa lezat dan sangat menyegarkan. Selain memberikan kesegaran itu juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat timun suri didapatkan dari kandungan gizi yang ada di dalamnya, Bunda.

Gizi yang terkandung di dalam buah ini sangat bermanfaat bagi tubuh. Melansir dari buku Buah Ajaib Tumpas Penyakit karya N.S Budiana, timun suri ternyata kaya akan kandungan air, fruktosa, mineral kalium, fosfor, vitamin A, vitamin C, serta serat makanan.

Timun suri juga disebut sebagai sumber air karena air yang terkandung dalam timun suri lebih dari 90 persen. Sementara itu, dikatakan sebagai sumber vitamin C dan kalium karena dengan mengonsumsi 100 gram timun suri, maka kebutuhan seseorang akan vitamin C dan kalium untuk satu hari telah terpenuhi sebanyak sepertiga bagiannya.


Juara Cilik

Sedangkan disebut sebagai sumber kalium dan fosfor karena dengan mengonsumsi 100 gram timun suri telah memenuhi 50 persen dari kebutuhan kalium dan fosfor selama satu hari.

7 Manfaat timun suri untuk kesehatan tubuh

Timun suri merupakan salah satu buah yang paling sering ditemui di bulan Ramadan. Biasanya buah yang satu ini disajikan sebagai pelengkap menu buka puasa, Bunda.

Mengandung banyak nutrisi di dalamnya, tak mengherankan jika timun suri memberikan manfaat yang berlimpah untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat timun suri bagi kesehatan tubuh.

1. Menyembuhkan panas dalam

Kandungan air yang tinggi pada timun suri juga dapat menjadi pelarut bagi mineral, vitamin B dan C, asam amino, serta glukosa dan molekul-molekul kecil lainnya sehingga dapat keluar masuk sel dengan baik.

Selain itu, berperan juga dalam detoksifikasi, mengeluarkan zat sisa dari sel, sebagai pelumas di sekitar sendi, serta mempertahankan suhu tubuh dengan cara menyerap atau melepaskan panas secara perlahan-lahan. Oleh karena itu, tidak mengherankan bila timun suri dapat bermanfaat untuk menyembuhkan panas dalam.

2. Mengatasi penyakit asam urat

Asam urat yang berlebihan di dalam darah akan membentuk kristal dan ditumpuk di persendian sehingga menyebabkan terjadinya penyakit gout atau arthritis. Asam urat dapat larut dalam air sehingga konsumsi timun suri dapat membantu melarutkan sisa metabolisme tersebut.

Pada penderita asam urat disarankan untuk banyak minum air dan salah satu sumber alternatif yang mengandung banyak air adalah dengan mengonsumsi buah timun suri, Bunda.

3. Mengangkut asam lemak

Vitamin C juga diperlukan untuk pembentukan karnitin yang memegang peranan penting dalam mengangkut asam lemak rantai panjang ke dalam mitokondria untuk dioksidasi. Seseorang yang kekurangan vitamin C akan mengalami penurunan karnitin yang disertai dengan rasa lemah dan lelah.

4. Mencegah penyakit alzheimer

Salah satu manfaat timun suri adalah vitamin K dalam jumlah tinggi. Vitamin K sangat penting untuk meningkatkan massa tulang dan mengembangkan osteotropik pada persendian. Vitamin K juga dipahami sebagai obat untuk membatasi kerusakan saraf di otak. Sehingga tidak lain dengan mengkonsumsi buah mentimun dalam jumlah yang tepat dapat membantu mencegah penyakit alzheimer.

5. Sebagai sumber antioksidan

Timun suri mengandung beberapa antioksidan, antara lain vitamin C, beta karoten, flavonoid, triterpen, dan lignan, yang memiliki sifat anti radang. Vitamin C juga dikenal bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh dan beta karoten terbukti bermanfaat untuk penglihatan mata.

Manfaat buah mentimun juga sempat disebutkan dalam sebuah penelitian pada 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Young Pharmacists. Kandungannya menyebutkan, setiap anggota buah yang berasal dari keluarga cucurbitaceae ini memiliki kemampuan untuk membasmi radikal bebas dalam tubuh.

Seperti yang diketahui, radikal bebas berkaitan dengan berbagai penyakit berbahaya bagi tubuh manusia yang dapat dicegah dengan antoksidan.

6. Mengandung zat anti kanker

Buah khas Ramadan yang satu ini juga berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor. Menurut sebuah studi pada 2010 yang diterbitkan di Scientific World Journal, para ilmuwan telah menemukan bahwa kandungan saponin dalam mentimun suri dapat membantu menghalangi jalur sinyal penting untuk mencegah munculnya sel kanker dan merusak metabolisme tubuh.

7. Mencegah terjadi kram dan kejang otot

Kalium dalam timun suri juga memiliki peran penting untuk menghantarkan impuls-impuls saraf sehingga mencegah terjadinya kram dan kejang otot. Kadar kalium dalam otot berhubungan dengan massa otot dan simpanan glikogen. Jika seseorang sedang dalam proses pembentukan otot, mereka akan membutuhkan kalium dalam jumlah yang cukup.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa Bunda dapatkan dari buah timun suri, buah khas Ramadan. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Saksikan juga video khasiat buah pulmĀ untuk ibu menyusui yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(asa)

TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT