moms-life

6 Cara Menabung ala Orang Jepang yang Bikin Cepat Kaya, Biasakan Mencatat Bun!

Amira Salsabila   |   HaiBunda

Selasa, 30 May 2023 19:00 WIB

Jakarta -

Bunda ingin cepat kaya hanya dengan menabung? Tak perlu khawatir, untuk mencapai target finansial yang lebih baik, Bunda bisa mengikuti cara menabungĀ ala orang Jepang. Cara menabung mereka diketahui bisa membuat Bunda cepat kaya, lho.

Orang Jepang terkenal pandai menerapkan gaya hidup berhemat dan mengelola keuangan untuk kebutuhan sehari-hari. Mereka juga diketahui memiliki metode dalam mengatur keuangan, metode ini disebut metode Kakeibo.

Metode Kakeibo merupakan cara pengelolaan keuangan yang paling sering digunakan ibu rumah tangga di Jepang. Metode ini juga pertama kali dikenalkan pada tahun 1994 oleh seorang jurnalis bernama Makoto Hani.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Melansir dari laman cnbc, pada 2017, metode ini kembali dipopulerkan melalui buku yang ditulis oleh Fumiko Chiba yang berjudul Kakeibo: The Japanese Art of Saving Money.

Berikut adalah beberapa cara menabung ala orang Jepang menggunakan metode Kakeibo yang bisa Bunda ikuti:

1. Mencatat seluruh pemasukan

Langkah pertama yang perlu Bunda lakukan adalah mencatat seluruh pemasukan setiap awal bulan, baik pemasukan rutin seperti gaji bulanan maupun penghasilan tambahan.

Bunda yang menggunakan metode Kakeibo disarankan untuk mencatat keuangan dengan cara menulis menggunakan pena atau pensil di buku agar Bunda benar-benar meresapi apa yang dicatat.

2. Nabung dulu, baru dialokasi dana ke beberapa pos

Langkah berikutnya, Bunda disarankan untuk menyisihkan terlebih dahulu uang yang akan ditabung. Kemudian, baru mengalokasikan sisanya ke beberapa pos pengeluaran. Dalam metode ini, ada empat kategori pos pengeluaran, sebagai berikut:

  • Survival atau kebutuhan pokok seperti biaya makan, tagihan, cicilan, dan kewajiban lainnya.
  • Optional atau kebutuhan sekunder mencakup hiburan, makan di luar, dan sebagainya.
  • Culture atau kebutuhan untuk tambahan wawasan, contohnya buku, film, majalah, dan lain sebagainya.
  • Extra atau pengeluaran lainnya seperti beli kado untuk ulang tahun teman anak, uang melayat tetangga, dan lain sebagainya.

TERUSKAN MEMBACA KLIKĀ DI SINI.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Saksikan juga video serba-serbi tips alokasi uang THR yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

(asa)

TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT