HaiBunda

MOM'S LIFE

Kebiasaan Minum Teh Hijau Dapat Turunkan Tekanan Darah Tinggi, Ini Hasil Studi

Annisa Karnesyia   |   HaiBunda

Jumat, 10 Oct 2025 17:00 WIB
Ilustrasi Teh Hijau/ Foto: Getty Images/iStockphoto/lielos
Jakarta -

Ada banyak cara alami menurunkan tekanan darah tinggi. Salah satunya adalah mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi sehari-hari.

Studi terbaru menemukan cara lain yang bisa Bunda coba untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Caranya adalah mengonsumsi minuman mengandung flavan-3-ol, seperti yang ada di teh hijau.

Profesor kedokteran kardiovaskular sekaligus kepala departemen kedokteran klinis dan Eksperimental di Surrey University, Christian Heiss, mengungkap manfaat flavan-3-ol dalam studi. Bersama timnya, Heiss meneliti senyawa flavan-3-ol pada tumbuhan yang diklaim dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.


Apa itu flavan-3-ol?

Flavan-3-ol merupakan sebutan lain dari flavanol atau katekin adalah senyawa tumbuhan alami yang termasuk dalam famili flavonoid. Senyawa ini adalah bagian dari zat yang memberikan warna pada tumbuhan dan membantu melindungi tumbuhan dari sinar matahari serta hama.

Secara umum, flavonoid terdapat dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari, Bunda. Beberapa di antaranya adalah teh hijau dan teh hitam, kakao, anggur, apel, dan beberapa jenis buah beri.

Dalam makanan atau minuman, flavan-3-ol dapat dideteksi dari rasa asam atau pahit. Biasanya, rasa tersebut mudah dikenali saat Bunda mengonsumsi cokelat hitam dan teh hijau.

Selain pada kesehatan, para ilmuwan juga menemukan bahwa flavanol kakao dapat menurunkan angka kematian akibat penyakit kardiovaskular sebesar 27 persen. Sebaliknya, kandungan flavanol tidak akan mengurangi kandungan multivitamin di makanan.

"Studi kami bertujuan untuk menggali lebih dalam, dengan fokus khusus pada efeknya terhadap tekanan darah dan fungsi endotel (seberapa baik pembuluh darah melebar dan merespons aliran darah)," kata Heiss, dilansir Science Alert.

"Kami menganalisis data dari 145 uji coba terkontrol acak yang melibatkan lebih dari 5.200 partisipan," sambungnya.

Lantas, berapa penurunan tekanan darah tinggi setelah konsumsi makanan atau minuman mengandung flavan-3-ol?

TERUSKAN MEMBACA DI SINI.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(ank/pri)

Simak video di bawah ini, Bun:

Bahayakah Hipertensi saat Hamil? Ini Penjelasan serta Tandanya, Bun

TOPIK TERKAIT

ARTIKEL TERKAIT

TERPOPULER

Dahulu Hangus Kini Mewah: Rumah Bekas Kebakaran Ini Masuk Jajaran Desain Terbaik Luar Negeri

Mom's Life Azhar Hanifah

Terbukti di 40 Ribu Pasangan, Psikolog Ungkap 1 Kalimat yang Bisa Bikin Hubungan Harmonis

Mom's Life Amira Salsabila

7 Ciri Anak Social Butterfly, Sosok Percaya Diri dan Mudah Bergaul

Parenting Kinan

4 Cara Menghadapi Anak Tantrum di Tempat Umum, Coba Lakukan Ini Bun

Parenting Kinan

Rumah Gelembung dari Balon Raksasa Ini Dijual Rp31 Miliar, Kisah Pemiliknya Jadi Sorotan

Mom's Life Azhar Hanifah

REKOMENDASI
PRODUK

TERBARU DARI HAIBUNDA

Gempa M 7,7 di Filipina Picu Tsunami di Sejumlah Wilayah RI, Simak 5 Faktanya Bun

Hydrocortisone untuk Bayi: Penggunaan, Dosis, Manfaat & Efek Samping

Dahulu Hangus Kini Mewah: Rumah Bekas Kebakaran Ini Masuk Jajaran Desain Terbaik Luar Negeri

7 Ciri Anak Social Butterfly, Sosok Percaya Diri dan Mudah Bergaul

Terbukti di 40 Ribu Pasangan, Psikolog Ungkap 1 Kalimat yang Bisa Bikin Hubungan Harmonis

FOTO

VIDEO

DETIK NETWORK