nama-bayi

Nama Bayi dari India Ini Mungkin Bisa Jadi Pilihan Bunda

Amelia Sewaka Jumat, 04 May 2018 14:00 WIB
Nama Bayi dari India Ini Mungkin Bisa Jadi Pilihan Bunda
Jakarta - Bunda sedang mencari nama-nama bayi yang unik dan bermakna bagus? Mungkin nama-nama dari India bisa dipilih. Selain namanya bagus, maknanya juga baik dan dalam lho. Makna yang baik saat memilih nama bayi memang keharusan ya, Bun, karena banyak yang bilang nama adalah doa.

Beberapa nama bayi dari India punya pesan unik dan khusus. Misalnya Karima yang berarti 'berharga' dan Rani yang artinya 'Ratu'. Selain itu masih banyak lho orang tua India yang mempertahankan tradisi lama ketika menamai bayi mereka seperti adanya upacara penyambutan sang bayi ke dunia yang disebut Namkaran atau Namakarana Sanskar. Ada juga yang masih berkonsultasi dengan peramal saat memberi nama bayi sesuai astrologi mereka atau yang disebut Rashi.




Berikut HaiBunda rangkum beberapa nama bayi India dari berbagai sumber.

1. Aahana

Aahana yang berarti sinar matahari memiliki karakter yang yang sangat positif dan menggembirakan. Popularitas nama ini pun meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

2. Kavya

Kavya (diucapkan Kah-vya) adalah nama yang manis dan feminin. Nama yang unik ini makin terkenal karena aktris film India Kavya Madhavan.

3. Aashi

Nama Aashi yang berarti tersenyum melambangkan bayi yang bahagia dan menggembirakan.

4. Sanjiv

Sanjiv adalah nama yang terdengar ramah dan berarti panjang umur.

5. Aditi

Nama yang kuat dengan pesan feminis mungkin bisa jadi pilihan. Bagi Bunda yang bercita-cita ingin punya anak perempuan yang tak kenal takut, bisa memberi nama gadis kecilnya Aditi. Dalam bahasa Sanskerta, nama ini secara kasar diterjemahkan menjadi kebebasan, keamanan, tanpa batas, atau keseluruhan.

6. Nivaan

Nama ini berarti suci, menurut bahasa Hindi.

7. Adra

Adra artinya kecantikan. Nama ini mungkin tampak mirip dengan Audra, nama bayi Inggris atau Prancis yang berarti mulia. Nama ini sebenarnya tidak umum di India tapi mulai banyak yang memakainya.

8. Banhi

Banhi berarti api. Jika Bunda ingin anak yang berkarakter api yaitu punya keberanian dan unik, mungkin nama ini bisa jadi pilihan.

9. Aaradhya

Aaradhya (diucapkan ah-rah-thye) adalah nama uniseks yang indah. Secara tradisional memang digunakan untuk nama bayi laki-lak. Namun pasangan Bollywood Aishwarya Rai dan Abhishek Bachchan memberi putri mereka nama ini pada tahun 2011.

10. Bavishni

Nama ini memiliki arti orang yang memiliki masa depan. Memberi nama Bavishni pada anak juga bisa menginpirasi anak untuk percaya bahwa dia bisa menjadi apapun yang ia impikan.

11. Riaan

Ini nama bayi yang dipilih oleh bintang Bollywood, Riteish Deshmukh dan istrinya Genelia D'Souza. Ya, mereka menamai putra mereka Riaan pada tahun 2014. Nama itu terdengar sangat modern dan berarti raja kecil dalam bahasa Hindi.



12. Bodhi

Bodhi yang berarti pencerahan telah digunakan sepanjang waktu sebagai nama yang bisa dipakai anak laki-laki dan perempuan, dan bahkan telah menjadi favorit beberapa selebriti dalam beberapa tahun terakhir. Megan Fox dan Brian Austin Green menamai putra mereka Bodhi pada tahun 2014. Ian Somerhalder dan Nikki Reed juga memberikan nama Bodhi kepada gadis kecilnya yang lahir pada tahun 2017.

13. Dev

Berkat bintang Hollywood Dev Patel, nama ini berpotensi meroket popularitasnya. Namanya berarti dewa dalam bahasa Sansekerta dan menjadi nama panggilan populer.

14. Chaaya

Chaaya berarti bayangan. Juga menjadi semacam simbol kelahiran seorang anak yang membawa kenyamanan bagi dunia.

15. Danika

Nama bayi yang berarti bintang pagi ini ditemukan dalam beberapa bahasa lain juga. Bentuk bahasa Inggrisnya adalah Danica telah meningkat popularitasnya di Amerika Serikat berkat pembalap mobil Danica Patrick dan Danica McKellar yang terkenal memainkan Winnie di The Wonder Years.

16. Priya

Priya adalah nama kesayangan yang berarti terkasih dalam bahasa Sanskerta. Menurut Nameberry, nama Priya tradisional diberikan kepada bayi India yang lahir pada bulan Agustus.

17. Dharma

Nama ini berarti hukum. Dalam Hinduisme, kata dharma mengacu pada prinsip tatanan kosmis, sedangkan dalam agama Buddha, itu berarti ajaran atau agama Buddha. Itu memunculkan gagasan bahwa ada kekuatan yang lebih tinggi bermain di dunia kita setiap saat.

18. Darsha

Darsha yang berarti melihat, memahami, atau memiliki visi ini akan menjadi perubahan yang si kecil lihat dalam melihat dunia. Nama Darsha adalah nama penuh harapan untuk anak yang perseptif dan seorang anak yang suatu hari akan membuat hal-hal besar terjadi.

19. Lakshay

Lakshay adalah nama dari India yang berarti tujuan. Nama ini memiliki pesona dan kebahagiaan yang diharapkan akan segera terlihat.

20. Elina

Elina yang berarti cerdas mirip dengan nama Elena, sangat cocok untuk gadis kecil yang pintar, karena maknanya mengacu pada wanita cerdas.

21. Mithra

Nama yang indah ini berarti dewa matahari.

22. Ida

Nama yang berarti dewi doa dan pengabdian ini bukan hanya sekadar nama wanita tua yang ditemukan dalam budaya Inggris. Nama ini sebenarnya memiliki akar di Jerman, Yunani, Irlandia, dan budaya Hindi juga. Meski kita mungkin berpikir kedengarannya agak ketinggalan zaman, tapi nama ini banyak dipakai lho, Bun.

23. Indira

Indira yang berasal dari bahasa Sansekerta memiliki arti megah dan indah. Indira juga merupakan nama lain untuk Lakshmi, dewi kekayaan yang juga istri Wisnu dalam mitologi Hindu.

24. Jaya

Nama bayi sederhana yang berarti kuat.

25. Kamala

Nama ini berarti orang yang seperti teratai. Nama Kamala terdengar cantik dan tentu sesuai dengan maknanya. Meskipun Kamala bukan nama yang umum, namun nama ini menjadi populer karena senator Amerika Kamala Harris,.

26. Leya

Leya berarti singa. Nama lain yang kuat dan berani untuk gadis kecil yang kuat dan berani. Leya juga memiliki akar bahasa Spanyol, yang mana nama itu berarti hukum. Sebuah nama yang diyakini bisa memunculkan rasa percaya diri dan keyakinan.
(aml)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi