psikologi

Pilihan Nama Bayi dari Berbagai Jenis Batuan

Amelia Sewaka Jumat, 30 Mar 2018 - 13.07 WIB
Pilihan Nama Bayi dari Berbagai Jenis Batuan/ Foto: Dhani Irawan/detikcom Pilihan Nama Bayi dari Berbagai Jenis Batuan/ Foto: Dhani Irawan/detikcom
Jakarta - Sumber untuk nama-nama bayi bisa ada di mana-mana lho, Bun. Dari koran, sastra, tokoh olahraga, hingga penyanyi, ilmuwan, dan bahkan hal-hal yang ditemukan di bumi. Seperti halnya bebatuan bisa juga lho jadi inspirasi untuk nama si kecil.

Banyak nama bebatuan dan beberapa jenisnya yang agak mewah yang mungkin bisa kita jadikan sebagai nama buat anak. Orang tua bisa menjadikan nama bebatuan sebagai nama si kecil karena bisa jadi itu terkait bulan kelahiran atau sekadar karena penampilan batuan itu indah.

Faktor lain dalam memilih nama dari batu permata adalah makna khusus, catatan sejarah tentang ciri-ciri khusus atau kekuatan yang dipercaya dimiliki batu tersebut. Yuk simak rekomendasi nama dari HaiBunda yang terinspirasi dari bebatuan berikut ini.


1. Ruby

Ruby merah yang indah telah lama dikaitkan dengan royalti, serta cinta dan kebijaksanaan. Nama ini di akhir abad 19 dan awal abad ke-20 terutama di tahun 2016. Ruby sebagai batu permata seharusnya membantu pemakainya memiliki kebijaksanaan untuk memimpin, kemampuan untuk menetapkan sistem nilai yang kuat, dan beberapa orang percaya memiliki ruby akan melindungi kekayaan mereka.

Ruby juga dianggap punya kemampuan sebagai pelindung. Makanya Ruby sering dipakai sebagai kalung yang notabene penutup dada. Ruby bisa jadi nama yang manis untuk seorang gadis kecil, Bun. Apalagi buat penggemar Ruby Dee, aktris, penulis dan aktivis hak-hak sipil, nama ini bisa jadi pilihan lho.

2. Pearl

Setelah dianggap permata paling berharga di dunia, dan dikenal sebagai "Ratu Permata," pearl atau mutiara memiliki tempat khusus dalam sejarah. Asal mereka telah dikaitkan dengan air mata dewi, air mata bulan dan ciptaan dari malaikat. Mutiara sendiri adalah zat organik yang terbentuk dari tiram dan moluska. Ini serinf dikaitkan dengan cita-cita kesucian. Makanya mutiara sering jadi bagian gaun pengantin atau hiasan di pesta pernikahan.

Pearl juga merupakan nama sastra yang besar, seperti dalam Scarlett Letter, Hester Prynne menamai putrinya yang tidak sah Pearl. Nama lainnya termasuk penyanyi legendaris, Pearl Bailey, dan penulis terkenal, Pearl S. Buck.

3. Sapphire

Sapphire adalah batu lama yang dihormati. Sapphire sering dikaitkan dengan kebajikan, kebijaksanaan, sukacita, dan kebenaran. Baru saphhire bahkan dipercaya untuk mengusir roh jahat dan melindungi pemakainya, serta menyembuhkan banyak penyakit. Meski jarang dipakai untuk sebuah nama, nggak ada salahnya juga kalau Bunda dan Ayah memilih nama ini buat si gadis kecil.

4. Topaz

Topas biasanya tidak berwarna atau berwarna kuning. Topaz terkait dengan agama dan kerajaan, seperti yang disebutkan dalam Perjanjian Lama Topaz dijadikan batu di dada Harun, simbol dewa matahari Mesir Ra dan terkait dengan dewa Apollo.

Ini juga salah satu batu dari pohon Kalpa Hindu serta batu suci di budaya Afrika dalam ritual penyembuhan. Topaz juga punya kaitan dengan cinta dan nasib baik dan penangkal depresi juga penyakit fisik. Topaz dipercaya juga sebagai batu kelahiran anak-anak di bulan November yang juga dianggap membawa kehangatan dan ketenangan.

5. Amethyst

Merupakan batuan ungu. Amethyst berasal dari kata Yunani dengan makna memberi keberanian untuk pemakainya serta memiliki karunia memperkuat hubungan. Kalau nama si kecil Amethyst, panggilannya bisa Ame, Amy, atau Ameth, Bun. Amethyst juga dikenal bisa membantu seseorang lepas dari kecanduan juga memberi ketenangan, kekuatan dan fleksibilitas batin.

6. Gemma

Setelah menjadi nama pokok di Italia, Gemma yang juga nama yang terinspirasi dari permata jadi populer di Prancis dan Inggris. Nama ini menggabungkan nama klasik dan feminin yakni Emma dan Jenna yang kontemporer.

7. Amber

Apakah Bunda ingin putrinya mengembangkan karakter yang baik dan hangat? Memberinya nama Amber bisa jadi pilihan. Batu permata emas ini juga merupakan nama wanita yang sering kita dengar misalnya tunangan Johnny Depp, Amber Heard, Amber Riley dari Glee, atau Amber Portwood dari Teen Mom.

8. Emerald

Orang tua yang sedang mencari pilihan unik dengan simbolisme yang manis mungkin bisa memakai nama batuan ini. Emerald yang berupa batu hijau melambangkan kebijaksanaan, mencintai dan memperkuat hubungan.

9. Beryl

Nama permata laut-hijau ini bisa jadi pilihan, Bun. Beryl adalah nama kristal tidak berwarna dengan nuansa merah, biru atau kuning karena kotoran di dalamnya.

10. Soraya

Soraya lebih populer karena hubungannya dengan Pleiades, sebuah konstelasi yang dikenal sebagai Seven Sisters. Soraya juga bisa berarti 'permata' dalam bahasa Arab.


11. Crystal

Satu nama batu permata yang telah digunakan secara konsisten selama bertahun-tahun dan mencapai popularitas puncak di era 80-an nih, Bun.

12. Agate

Orang tua yang memilih memberi nama putri mereka dengan nama batu permata ini bisa berharap si kecil kelak punya kekuatan untuk melindungi orang di sekitar dari hal-hal buruk. Panggilan intim nama ini bisa aja Aggie. Kalau Variasi lainnya adalah Agatha.

13. Citrine

Nama unik ini merupakan kuarsa kuning keemasan batu permata tradisional.

14. Onyx

Onyx, nama batu permata hitam yang berharga bisa bikin nama si kecil makin indah. Walau jarang dipakai, Onyx bisa jadi nama anak yang unik, Bun.

15. Opal

Opal, nama batu kelahiran bulan Oktober yang dianggap setara dengan Pearl dan Ruby. Orang tua memberikan nama ini pada anak-anak mereka dengan harapan anaknya bisa mendapat dan memberi keberuntungan.

16. Turquoise

Turquoise adalah mineral hijau biru langka yang berharga selama ribuan tahun karena warnanya yang unik. Dan itu juga merupakan batu permata Desember.

18. Mica

Mika atau Mica, nama mineral yang dikenal karena kemampuannya untuk dipisahkan menjadi udara tipis. Kita bahkan dapat memilih ejaan-ejaan alternatif untuk membuatnya lebih menarik. Misalnya Michael.

19. Penina

Nama permata ini terdengar jauh lebih eksotis dan tidak biasa daripada nama asli Pearl. Tertarik memilih nama ini, Bun?

20. Ruri

Nama ini bisa diberi karena batu permata ini dipercaya punya perlindungan terhadap roh-roh jahat dalam tradisi Jepang kuno. Ruri adalah bahasa Jepang untuk 'lapis lazuli'.

21. Ula

Jika Bunda ingin nama yang unik untuk anaknya, beri nama Ula aja, Bun. Ini merupakan nama Celtic yang berarti 'permata laut'. Ula sering digunakan sebagai bentuk singkat Ursula atau Eulalia.

22. Giada

Giada, bahasa Italia untuk Jade, terdengar cocok untuk perempuan lebih dari laki-laki. Nama ini telah digunakan di negara-negara berbahasa Inggris selama beberapa tahun sekarang. Giada De Laurentiis adalah nama yang terkenal.

23. Jade

Nama Jade mungkin populer sebagai nama perempuan di Amerika Serikat. Tapi di masa lalu nama Jade dipakai untuk anak laki-laki. Sebagai batu kelahiran untuk bulan Maret, Jade dipercaya bisa melahirkan keberanian dan perlindungan.

24. Jacinth

Jacinth adalah salah satu batu permata oranye kemerahan yang jarang terlihat milik keluarga zirkon. Jacinda adalah variasi dari nama Jacinth.
(rdn/aml)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi