sign up SIGN UP search


nama-bayi

3 Tips Memberikan Nama Bayi Laki-laki Islami dengan Doa Terbaik di Dalamnya

Tim HaiBunda Selasa, 28 Sep 2021 17:57 WIB
Nama bayi laki-laki caption
Jakarta -

Nama bayi laki-laki islami terkadang menjadi hal yang sangat sulit untuk didapatkan. Bukan karena kurangnya referensi, Bun melainkan karena banyaknya nama bayi laki-laki islami yang menarik sehingga kadang bingung memilihnya.

Namun, Bun perlu dipahami bahwa sesungguhnya nama yang diberikan semua memiliki niat yang baik dari orang tua. Agar niatan itu semakin afdhal terlaksana, tidak ada salahnya melihat tips berikut ini.


Tips memberikan nama bayi laki-laki islami

5 kebiasaan aneh orang IndonesiaFoto: Mia Kurnia Sari

1. Riset dalam waktu yang bijak

Carilah lebih dulu nama dalam rentang waktu yang bijak, Bun. Ini untuk mencegah memberi nama bayi dalam cara yang terburu-buru. Bunda ingat 'kan pepatah yang menyebut segala sesuatu jika terburu-buru itu tidak baik?


Waktu yang cukup dalam menggali referensi akan membuat Bunda bisa mendapat nama terbaik dengan makna mendalam. Waktu yang lebih artinya juga akan mengurangi risiko mendapat nama-nama bayi yang tidak disukai dalam Islam.

Selain itu, waktu yang bijak juga bisa membuat Bunda bisa berdiskusi dengan orang tersayang mengenai pemilihan nama Si Kecil. Jika mereka kurang sreg, masih ada waktu nih Bun untuk mengganti nama sesuai dengan yang diinginkan.

2. Cari nama yang unik khusus untuk Si Kecil

Setiap anak itu unik, Bun. Tidak ada salahnya jika Bunda memilih nama pun yang bisa mewakili keistimewaan itu. Banyak sekali nama islami yang unik tetapi belum diketahui oleh masyarakat. Nama yang unik juga artinya hanya akan seorang dia yang istimewa.

Namun, Bunda tetap harus memperhatikan kemudahan dalam menyebutkan nama tersebut. Nama yang sudah bagus tetapi sulit untuk diucapkan akan menyulitkan Si Kecil di masa depan.

3. Jangan terlalu singkat atau terlalu panjang

Tips nama bayi laki-laki islami selanjutnya adalah jangan berikan nama yang terlalu singkat tetapi juga jangan terlalu panjang. Nama yang terlalu singkat menjadi kurang menarik dan makna doa di dalamnya.

Namun demikian jangan juga terlalu panjang ya, Bun. Nama yang lebih dari empat kata akan menyulitkan Si Kecil dan Bunda dalam berbagai hal. Disarankan agar nama bayi terdiri dari tiga kata saja dengan doa dan makna terbaik di dalamnya.

Sudah dicatat, Bun tips memberikan nama bayi laki-laki islami tadi? Semoga membantu Bunda dalam proses pencarian nama terbaik untuk Si Kecil ya.

Selain itu jangan lupa juga memberikan nama panggilan yang nantinya akan menetap menjadi identitasnya. Selamat mencari referensi nama, Bun! (PK)

Simak juga video berikut mengenai nama bayi yang terinspirasi dari tokoh pahlawan:

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!