nutrisi

Bayi Melepeh Menu Baru MPASI, Tanda Nggak Suka Makanannya?

Radian Nyi Sukmasari 12 Agu 2017
Menu MPASI baru/ Foto: Nurvita Indarini Menu MPASI baru/ Foto: Nurvita Indarini
Jakarta - Wajar ya Bun kalau kita kasih menu MPASI yang bervariasi sama anak biar dia nggak bosan. Tapi, kadang pas dikasih menu yang baru, contohnya anak baru pertama dikasih alpukat, tahu-tahu pas disuapi, anak melepeh makanannya. Duh, apa dia nggak suka ya?

Jangan panik, Bun. Menurut dr Sandra Darmawan SpA dari RS Mayapada Lebak Bulus, anak melepeh MPASI yang pertama dikasih belum tentu tanda dia nggak suka lho. Nah, yang perlu kita lakukan adalah terus mencoba ngasih anak makanan itu. Karena, kata dr Sandra penelitian membuktikan seorang anak perlu dicobakan atau ditawarkan untuk mencoba sesuatu sebanyak 15-25 kali, baru dia mau coba.

"Kalau sekali dia melepeh, saat itu mungkin kita berhenti dulu nyuapi makanan itu. Tapi, beberapa hari kemudian cobakan lagi," kata dr Sandra waktu ngobrol sama HaiBunda.

Kita perlu tahu nih, Bun. Proses anak menyusu, artinya mengisap dan menelan beda sama menyuap dan menelan. dr Sandra bilang, kadang dibutuhkan gerakan lidah khusus untuk menarik makanan dari luar supaya masuk ke mulut. Nah, kalau anak belum terampil, kelihatannya kayak melepeh.

Baca juga: Mau Kasih MPASI, Baiknya yang Homemade atau Pabrikan Ya?

Saat itu, orang tua sering ngira kalau anaknya nggak doyan makanan itu makanya anak melepehnya deh. Padahal, anak sendiri lagi belajar gimana caranya masukin makanan itu ke dalam mulut. Makanya, saat ada makanan yang keluar-keluar pas anak disuapi jadi kelihatan kayak dilepeh, bisa juga karena anak belum terbiasa sama tekstur dan rasanya.

Yang perlu kita lakukan, coba kasih anak makanan itu lagi. Pesan dr Sandra, jangan putus asa ya. Kita bisa coba kasih makanan itu lagi besoknya atau lusa. Terus, kalau melepeh karena anak masih belajar memasukkan makanan ke mulut sama karena nggak suka, ada bedanya nggak, Dok?

"Nggak ada bedanya. Jadi memang harus terus dicoba. Jangan sekali dikasih, kita lihat anak melepeh makanannya, dikira nggak suka sama makanannya," kata dr Sandra.

Hal ini berlaku juga kayak curiga anak alergi makanan tertentu. Saran dr Sandra, kalau ada reaksi setelah dikasih satu jenis makanan, stop pemberian makanan itu. Terus, coba lagi beberapa hari setelahnya, sampai tiga kali. Kalau reaksi terus timbul, kita patut curiga anak alergi sama makanan itu Bun. Dan untuk memastikannya, si kecil bisa kita periksakan ke dokter.

Baca juga: Bisa Dicoba Bun, Tips dari Bu Dokter Agar Anak Lahap Makan (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi