sign up SIGN UP search


parenting

4 Tanda Bayi Sudah Siap Diberikan MPASI: Siap-siap Masak, Bun!

Zika Zakiya Selasa, 16 Feb 2021 09:02 WIB
Ilustrasi MPASI caption
Jakarta -

Bayi yang sudah di atas usia enam bulan sudah tidak bisa lagi diberikan hanya ASI atau susu formula saja, Bun. Kandungan gizi di dalamnya sudah tidak bisa lagi menunjang kondisi bayi yang sudah mulai banyak bergerak dan beraktivitas.

Di sinilah masuknya peran MPASI (Makanan Pendamping ASI) yang diberikan sejak bayi berusia enam bulan. Namun, demikian beberapa referensi menyatakan bahwa tidak semua bayi memulai MPASI di usia tersebut. Banyak juga kasus di mana bayi sudah menunjukkan kesiapan lebih cepat dari usia enam bulan.

Dikutip dari buku A-Z yang Datang Setelah Melahirkan karya Tikah Kumala, ada beberapa tanda bayi sudah siap menerima MPASI, yaitu:


1. Sudah bisa duduk tegak
2. Dapat menegakkan kepala
3. Ketika orang dewasa makan, Si Kecil menunjukkan ketertarikan pada makanan
4. Mulut merespon pada saat diberikan sendok

Lalu bagaimana cara memberikan MPASI? Apakah sudah bisa dengan menu lengkap atau cukup dengan menu tunggal?

Ada dua pendapat yang bisa disampaikan yakni untuk memperkenalkan ASI ada sebagian pihak yang menganjurkan menu tunggal untuk 14 hari pertama. Tujuannya adalah untuk mendeteksi jika Si Kecil alergi suatu jenis makanan.

Ilustrasi MPASIIlustrasi MPASI/ Foto: Getty Images/iStockphoto/NeoPhoto

Baru setelah itu diberikan MPASI 4 bintang yang terdiri atas karbohidrat, protein hewani, protein nabati, dan sayuran. Di antara waktu makan bisa diselingi camilan berupa buah.

Dikatakan dr.Tan Shot Yen sebagai pakar gizi dan penulis buku Nasehat buat Sehat, ada syarat untuk buah yang diberikan sebagai snack MPASI.

"Buah yang diberikan (untuk snack) adalah segala sesuatu yang tidak terlalu keras, karena 'kan ngga mungkin anak dikasih salak, duku, duren. Buat saya pisang, pepaya, alpukat, sudah cukup karena murah dan mudah didapat," ujarnya pada saat HaiBunda Live beberapa waktu lalu.

Tapi ada juga pendapat yang tidak merekomendasikan pemberian menu tunggal di 14 hari pertama karena untuk mengantisipasi kekurangan gizi. Pendapat ini justru menyarankan untuk langsung memberikan menu 4 bintang. 

Nah, dengan penjelasan di atas, apakah Si Kecil sudah siap diberi MPASI pertama?

Simak juga video berikut mengenai menu pengganti salmon untuk MPASI.

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Tanaman Hias Alokasia
(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi